Hampir setiap bulan muncul brand baru dengan ide segar. Otomatis, persaingan bakal makin ketat dan butuh strategi yang tepat. Bicara masalah strategi, ada yang satu strategi yang telah terbukti efektif yaitu “PROMO”. Tapi Bagaimana menentukan ide promo menarik untuk memenangkan hati calon pelanggan kita? Yuk simak semuanya di sini.
Udah bukan rahasia lagi kalau yang namanya promo itu akan selalu bikin orang tertarik. Banyak brand menggunakan strategi ini untuk memikat hati pelanggan. Tapi, tertarik aja nggak cukup. Biar mereka mau beli produk dari brand kita, tentu kita juga harus bikin ide promo menarik.
Sayangnya, banyak yang mengira kalau promo itu selalu melibatkan uang. Kita butuh budget yang besar untuk promosi. Padahal, nggak selalu begitu. Ini dia tujuh ide promo menarik yang bisa kamu pakai untuk brand mu.
Baca Juga: Berapa Sih Budget Branding Yang Ideal?
Bikin promo itu cocok-cocokan. Promo A bisa jadi cocok buat suatu brand, tapi bisa juga gagal untuk brand yang lain. Langkah yang bisa kita ambil untuk mengatasi hal ini adalah bikin promo yang lebih variatif biar pelanggan nggak bosen dengan promo yang itu-itu aja.
Berikut 7 ide promo menarik yang bisa kamu coba:
Pasti kamu udah nggak asing lagi dengan ide promo satu ini. Yap. Buy 1 get 1 ini udah sering banget dipakai. Mulai dari brand ternama, hingga brand yang baru merintis, umumnya pakai promo ini.
Selain efektif menarik pelanggan, kita juga nggak perlu mengeluarkan budget terlalu besar. Kuantitas produk yang berhasil terjual akan bisa menutup biaya modal.
Buy 1 get 1 ini bisa jadi strategi menguntungkan bagi brand yang punya produk baru. Dengan buy 1 get 1, mereka nggak cuma untung dari segi penjualan, tapi sekaligus bisa mengenalkan produk baru ke pelanggan.
Untuk kamu yang punya online shop, event flash sale nggak bisa kamu lewatkan. Setiap bulan pada tanggal kembar selalu menarik untuk jadi ajang flash sale. Pada saat ini biasanya para pelanggan akan berkumpul dengan suka rela untuk hunting produk yang mereka mau dengan harga yang relatif murah.
Flash sale ini juga bisa jadi ide promo menarik. Buat setidaknya dua produk untuk dijual dengan sistem flash sale, dan tambahkan discount di beberapa produk. Hal ini bertujuan untuk memancing pelanggan yang gagal mendapat flash sale, untuk membeli produk yang sedang diskon.Cara ini berpotensi buat ngenalin produk kamu yang lain (awareness).
Dengan begitu, pelanggan akan tetap merasa beruntung karena bisa membeli produk jauh lebih murah. Keuntungan bagi penjual pun akan semakin besar.
Salah satu ide promo yang selalu berhasil menarik pelanggan adalah giveaway. Biasanya para followers akan cenderung lebih aktif jika sudah bicara tentang giveaway. Bahkan nggak jarang non followers pun tiba-tiba datang untuk ikut giveaway.
Bisa dikatakan, giveaway ini paket komplit kalau kita mau datangkan engagement media sosial sekaligus menarik pelanggan baru.
Kita cukup membuat aturan yang membuat mereka berinteraksi dengan kita, sekaligus menyebarluaskan informasi merek kepada pengikut mereka. Dengan begitu, jangkauan pasar akan semakin luas.
Baca Juga: Cara Beriklan di Instagram
Promo free ongkir ini menjadi salah satu yang paling ditunggu pelanggan. Pasalnya, nggak semua pelanggan datang dari tempat yang dekat. Banyak pelanggan yang datang bahkan dari pulau yang berbeda. Jadi, adanya free ongkir ini akan membuat harga yang harus dibayar jauh lebih murah.
Dengan promo free ongkir juga, nggak sedikit yang akhirnya memborong produk dari sebuah brand. Mereka memanfaatkan promo ini agar bisa dapat harga lebih murah.
Kamu pasti udah sering ketemu sama brand yang menjual produk secara bundling dan memberi hadiah di setiap produk bundlingnya. Cara ini akan jadi ide promo menarik yang patut dicoba.
Dengan produk bundling, kita bisa melipatgandakan jumlah produk yang terjual. Dengan cara ini pula, produk yang kurang laku di pasaran bisa turut serta dipromosikan kembali.
Jangan lupa untuk menambahkan diskon khusus atau free gift di setiap produk bundling. Dengan banyaknya benefit yang diberikan jika membeli produk bundling, pelanggan akan cenderung memilih untuk membelinya dari pada membeli satuan.
Beberapa waktu lalu sempat trending Holywings yang memberi diskon kepada pemilik nama Muhammad dan Maria. Cara promosi seperti ini sebenarnya akan sangat menarik, tentunya dengan lebih melibatkan empati dalam menyusun perencanaan marketingnya, ya.
Misalnya nih, kita bikin promo gratis refil minuman untuk semua pemilik nama Agus yang membeli di bulan Agustus. Atau diskon khusus bagi semua mahasiswa yang masih aktif dengan menunjukkan KTM.
Jenis promo seperti ini disebut dengan Lifestyle discount. Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan lebih spesifik dalam waktu yang cepat. Mereka yang masuk kriteria promo akan secara bersamaan mendatangi brand dan berebut promo tersebut. Hasilnya, nilai penjualan akan jauh meningkat.
Tahukah kamu kalau Google itu udah nyediain wadah untuk kita buat mempromosikan secara gratis bisnis yang kita jalankan. Namanya Google Business Profile.
Melalui Google My Business Account kita bisa mengunggah produk-produk dari brand kita. Cara ini akan membuat orang mudah menemukan brand kita di google maps. Jadi, jangkauan pelanggan kita juga akan semakin luas.
Itu tadi tujuh ide promo menarik dengan budget minimalis yang bisa kamu coba untuk mengembangkan brand-mu. Semakin kreatif promo yang dibuat, peluang untuk memenangkan pelanggan juga semakin besar. Tapi, perlu diingat bahwa sebelum memilih ide promo, pastikan kamu udah riset dulu ya. Selamat mencoba!