Social media marketing kini semakin banyak dipilih oleh para owner bisnis. Di samping biaya yang relatif murah, jangkauan calon pelanggan pun juga lebih luas.
Kemudahan yang ditawarkan social media untuk promosi telah terbukti efektif menjaring banyak orang dan memperkenalkan brand kita lebih jauh lagi. Social media marketing mendorong kemunculan tools penting yang dapat mendukung dan memudahkan para brand analis dalam pekerjaan mereka.
Seperti halnya marketing offline yang butuh aturan, social media marketing juga demikian. Aturan-aturan seperti algoritma, engagement, dan lain sebagainya menjadi hal wajib yang perlu dipahami para owner bisnis.
Baik marketing offline maupun online, mengukur dan mengevaluasi cara kerja menjadi hal yang perlu dilakukan. Kita harus tau seberapa efektif promosi yang sudah kita lakukan.
Khusus untuk media sosial, ada beberapa Tools yang bisa membantu kita melakukan evaluasi ini.
Salah satu tools penting social media marketing yang akan sangat membantu kamu yang punya banyak akun di berbagai platform social media adalah Hootsuite.
Melalui Hootsuite kita bisa melihat kinerja dan mengevaluasi pertumbuhan semua social media kita sekaligus. Mulai Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, Google+, hingga wordpress.
Kemudahan lain yang ditawarkan Hootsuite adalah laporan mingguan akun yang akan otomatis dibuat oleh sistem. Jadi kita cuma tinggal download saja.
Dan yang gak kalah penting, kamu juga bisa memantau search query atau kata yang digunakan user untuk mencari informasi di internet secara real life.
Untuk kamu yang suka kepo sama pertumbuhan brand kompetitor, Iconosquare adalah solusinya. Melalui Icono kamu bisa lihat matrik social media semua kompetitor-mu mulai dari engagement rate hingga followers.
Selain itu, Icono juga menyajikan data yang lengkap mengenai growth akun social media kita sendiri baik berupa grafik maupun angka.
Tools satu ini juga bisa kita gunakan untuk scheduling konten kita, jadi kita gak perlu lagi ngepost manual setiap beberapa jam sekali.
SocialBlade pada dasarnya sama dengan tools yang lain. Berisi sajian data engagement dan engagement rate akun social media kita.
Kita juga bisa cek secara gratis berapa persen engagement rate dari akun kompetitor. Biasanya, Tools satu ini dimanfaatkan untuk riset sebelum brand hire influencer.
Melalui Social blade ini pula kita bisa lihat berapa pertambahan followers setiap hari dalam satu bulan terakhir. Jadi nanti akan ketahuan sehari berapa yang follow dan unfollow akun kita.
Sprout Social adalah salah satu tools social media analitik profesional yang sering dipakai berbagai perusahaan. Data analitik yang lengkap dalam satu dashboard mempermudah tim riset dan social media untuk menjalankan pekerjaan mereka.
Tidak hanya berfungsi sebagai tool social media analitik, Sprout juga menjadi social media listening melalui tab smart inbox. Di situ kita bisa berinteraksi langsung dengan para audiens di social media kita, mulai dari membalas komentar dan pesan, meretweet, memberi like dan sebagainya.
Riset audience dan tren merupakan hal yang penting bagi social media marketing. Kedua hal ini akan menentukan keberhasilan promosi yang kita lakukan.
Karena itulah Brand Customer Research hadir. Semua kebutuhan bisnismu bisa kamu dapatkan melalui tools ini. Isi dashboardnya pun bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan brand kita sendiri.
Melalui beberapa tools penting social media marketing ini kita bisa melacak keyword atau topik mulai dari yang umum hingga yang spesifik. Dari sini kita bisa paham apa yang kini sedang tren di kalangan audiens kita, jadi konten yang kita buat bisa disesuaikan dengan tren audiens.
Semua tools social media di atas bisa kamu pilih sesuai kebutuhan bisnismu. Kalau masih bingung cara baca matriksnya, kamu bisa daftar sesi 1 on 1 your brand’s review dari Akarmula. Kita diskusi bareng dan selesaikan semua keluhan bisnismu. Daftar sesi 1 on 1 lewat link di bawah ini ya.