Instagram sebagai platform media sosial dengan fitur lengkap telah menjadi media baru untuk promosi sebuah brand. Semua fitur di Instagram bisa dimanfaatkan untuk mendukung promosi, tidak terkecuali Reels. Belakangan ini muncul cara promosi baru dengan memanfaatkan Reels untuk bisnis.
Reels untuk bisnis ini juga bisa disebut sebagai strategi marketing baru agar lebih kreatif dan adaptif. Setiap orang akan bosan jika disuguhi konten yang sama setiap hari. Tidak terkecuali konten promosi. Promosi lewat story dan feed sudah menjadi lagu wajib setiap brand ketika promosi. Tapi apakah itu cukup?
Seperti halnya manusia, Brand juga butuh beradaptasi. Teknologi yang semakin canggih menuntut brand harus terus berinovasi untuk mengoptimalkan promosi. Contohnya promosi di instagram misalnya, Dulu sebelum ada fitur IG TV kita membuat video promosi hanya bisa satu menit, tapi setelah IG TV muncul, seberapa lama video kamu, tetap bisa diupload lewat IG TV.
Kemudian kini Instagram Reels muncul dengan karakteristik uniknya. Kita bisa menuangkan kreativitas lewat Reels tersebut.
Instagram Reels adalah fitur yang mirip dengan tiktok di mana kita bisa membuat video format story yang lebih kreatif dan interaktif. Melalui Instagram Reels, kita bisa menambahkan musik, teks, efek, mengatur timer, dan memberi gift di video yang kita buat.
Algoritma Reels didesain untuk menjangkau audience lebih jauh lagi. Jadi orang lain yang tidak saling follow dengan kita bisa melihat konten Reels dan memberi tanggapan berupa like, komen, share, dan save.
Jadi gak heran kalau jumlah viewers Reels akan jauh lebih banyak dari jumlah viewers video yang kamu upload di feed. Memanfaatkan reels untuk bisnis bisa menjadi solusi meraih pelanggan potensial lebih jauh lagi.
Baca Juga: Engagement Rate, Seputar Mitos dan Cara Mengukurnya
Kepopuleran Reels sejak kemunculannya tidak menutup kemungkinan untuk menyisipkan unsur bisnis di dalamnya. Kamu bisa membuat reels berisi informasi brand mu dengan lebih menarik melalui bantuan fitur yang ada pada Reels.
Selain itu, konten promosi kamu juga bukan tidak mungkin akan lebih banyak dijangkau audience. Apalagi kalau kamu berhasil menemukan pola dan cara kerja Reels yang bisa mempercepat penyebaran konten kamu. Pasti akan banyak audiens baru mampir ke profil kamu.
Jadi, melihat semua hal menarik dalam Reels, akan disayangkan jika brand tidak mau memanfaatkannya dengan optimal. Keberadaan Reels bisa jadi jalan kamu menemukan cara promosi efektif dengan budget minimal.
Pada dasarnya, cara kerja Reels sama dengan algoritma inti instagram yang tidak bisa lepas dari unsur kedekatan. Tapi khusus untuk Reels ada hal-hal yang perlu kita perhatikan seperti,
Musik berperan besar dalam kesuksesan Reels kita. Semakin populer musik yang kita gunakan, semakin populer pula Reels yang kita buat. Cara memilih musik populer cukup mudah karena Reels sendiri akan menampilkan rekomendasi musik yang bisa kita pilih di bagian paling atas.
Reels juga akan menampilkan konten-konten dengan musik yang sama seperti yang kita gunakan. Jadi akan lebih mudah menemukan konten-konten yang kita suka.
Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah hashtags. Hashtags dibagi menjadi dua yaitu generik dan populer. Tujuan utama dari hashtags generik adalah menjadi ciri khas brand kita dan membuat audiens mudah menemukan konten kita. Sedangkan hashtags populer hashtags yang sering digunakan oleh orang-orang. Dipilihnya hashtag ini agar konten kita muncul di antara konten-konten populer lain yang menggunakan hashtags yang sama.
Untuk menentukan hashtag yang sesuai kita harus melakukan riset terlebih dahulu.
Tidak bisa dihindari bahwa waktu post juga memiliki pengaruh besar terhadap semua konten. Jadi usahakan untuk post konten promosi bisnis kamu pada jam-jam prime time atau jam ketika followersmu banyak yang aktif.
Buat tau kapan followers kamu aktif, kamu bisa cek bagian insight akun instagram bisnismu.
Hal yang tidak boleh kita lupakan ketika promosi menggunakan Reels adalah membuat konten yang menarik. Semakin menarik konten promosi-mu, maka semakin banyak orang yang share dan memberi respon di kontenmu. Begitu juga sebaliknya, jika konten promosi-mu biasa-biasa saja, mereka akan langsung skip kontenmu dan lanjut ke konten yang lebih menarik.
Jadi, usahakan untuk membuat konten promosi yang kreatif dan menarik agar audiens tertarik untuk berinteraksi dengan kontenmu.
Selain memanfaatkan reels untuk bisnis, kita juga bisa berinteraksi lebih dekat dengan audiens. Fitur Remix yang dimiliki Reels bisa kita gunakan untuk membuat semacam games Remix. Jadi tidak hanya penjualan yang kita utamakan, tapi juga kedekatan dengan audiens.
Hal-hal seperti itu yang sebenarnya akan membentuk brand awareness secara alami bagi audiens kita. Mereka akan merasa dilibatkan dan saling memiliki. Jadi, jangan lupa untuk terus berkomunikasi dengan audiens-mu ya.