fbpx

Cara Beriklan di Instagram

October 19, 2021
Red and Blue Smartphone Screen

Banyaknya bisnis serupa yang muncul di media sosial sekarang ini membuat semua brand bersaing untuk lebih dulu mendapatkan hati pelanggan. Mulai dari flash sale, buy one get one, hingga giveaway dilakukan untuk mendatangkan pelanggan. Segala bentuk promosi pun dicoba termasuk beriklan. Dari banyaknya metode beriklan, cara beriklan di Instagram menjadi banyak digemari saat ini.

Iklan memang sudah terbukti efektif mendatangkan pelanggan bagi brand. Lewat iklan kita bisa memilih siapa saja yang akan kita targetkan untuk visit ke profil kita. Bahkan kita juga bisa langsung mengarahkan mereka ke whatsapp atau akun e-commerce kita. 

Kemudahan dan efisiensi iklan inilah yang dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk promosi. Seperti apa sih cara beriklan di media sosial terutama instagram? simak step by stepnya di bawah ini ya.

Membuat Fanpage

Cara iklan paling mudah adalah dengan memanfaatkan Fanpage di Facebook. Melalui Fanpage ini nanti kita tidak hanya akan beriklan di Facebook, tapi bisa sekaligus diarahkan ke Instagram.

Jadi tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat Fanpage untuk brand kita.

Kunjungi “Create Ads”

Setelah Fanpage brand jadi, pada laman Fanpage akan muncul Ads Manager. Melalui laman inilah kita akan mulai beriklan. 

Klik “Create Ads”.

Tentukan Tujuan Beriklan

Setelah klik “Create Ads” kita akan langsung diarahkan ke  tujuan beriklan. Ada tiga tujuan yang harus kita pilih yaitu, awareness, traffic, dan convertion. 

Pilihlah kategori yang paling sesuai untuk brand kamu. Tapi tidak semua kategori bisa dihubungkan ke iklan Instagram. Beberapa yang bisa dihubungkan ke instagram antara lain sub kategori brand awareness, reach, traffic, App Installs, engagement, video views, dan conversions.

Pilih Target Audiens, Budget, dan Schedule Iklan

Langkah selanjutnya setelah tujuan iklan ditentukan adalah memilih target audiens, menentukan budget, dan menjadwalkan iklan.

Pada saat memilih target audiens usahakan untuk menulis sespesifik mungkin. Kita bisa memasukkan unsur demografi seperti gender, lokasi, usia, hobi, bahasa, dan hal spesifik lainnya. 

Note : Kesalahan dalam memilih target audiens bisa berefek ke followers akun kita. Jadi kita harus lebih hati-hati dalam memilih target audiens.

Setelah target audiens kita tentukan, masuklah kita ke laman budget. Tentukan budget promosi yang diinginkan. Jika masih dalam tahap awal beriklan, ada baiknya tidak langsung mengeluarkan semua budget untuk sekali iklan. Lakukanlah secara bertahap agar algoritma terbentuk secara alami.

Jika semua sudah  selesai diisi, kita akan diminta untuk menentukan kapan dan berapa lama iklan akan ditayangkan.

Tentukan Format Iklan

Tahap selanjutnya setelah form di atas selesai diisi adalah menentukan format iklan. Di bagian ini kita akan diminta untuk memilih format penayangan iklan, upload gambar atau video dan menuliskan caption.

Kalau semua konten sudah siap, tekan pilihan “Instagram Account” pada bagian atas laman Fanpage. Isikan username dan password instagram kamu dan klik OK.

Jangan lupa untuk memasukkan "call to action" dan link yang akan ditampilkan di Instagram Ads pada bagian akhir tahap ini.

Jika semua sudah diisikan dengan baik, maka iklan akan tayang sekaligus di Facebook dan Instagram sesuai jangka waktu yang telah ditentukan di awal. 

Itu tadi cara beriklan di instagram melalui fanpage yang bisa kamu coba untuk memperluas jangkauan promosi brand-mu. Jika ada kendala saat beriklan, jangan ragu untuk menghubungi customer service Facebook. Biasanya mereka akan merespon masalah kita dengan cepat.

Article written by Laillia Dhiah Indriani

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram