fbpx

Tujuan Utama Memanfaatkan Strategi Email Marketing

January 19, 2022
Email marketing abstract concept vector illustration. email newsletter service, personalized message, connect with a customer, automated sending tool, permission based marketing abstract metaphor. Free Vector

Istilah email marketing mungkin sudah sangat akrab di telinga kita. Bahkan tanpa kita sadari, setiap hari kita juga menerima email marketing tersebut. Kehadiran email marketing masih menjadi primadona di kalangan berbagai brand. Mereka punya alasan tertentu untuk memanfaatkan strategi email marketing untuk brandnya. Tapi apa sih sebenarnya email marketing itu? dan apa tujuan utama memanfaatkan email marketing untuk brand?.

Mengenal Istilah Email Marketing

Pada intinya, email marketing itu adalah email yang dikirimkan oleh pihak brand kepada calon pelanggan dengan maksud menjadikannya sebagai pelanggan setia.

Email marketing ini biasanya dikirimkan atas persetujuan calon pelanggan setelah mengisi beberapa step yang ditentukan oleh pihak brand. Biasanya, calon pelanggan yang setuju akan menerima broadcast email marketing secara berkala. 

Tapi, apa sih sebenarnya manfaat dan tujuan email marketing untuk bisnis itu?

Manfaat Email Marketing

Kita perlu tahu kalau email marketing punya banyak manfaat bagi bisnis. Dengan email marketing, kamu bisa memperluas jangkauan dari sayap promosi. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang email marketing untuk brand kamu, coba deh intip tulisan di bawah ini.

1. Praktis dan Informasi Cepat Tersampaikan

Seperti sifat digital communication lain, email juga terkenal dengan kecepatan dan keefisienannya. Email yang kita kirim akan diterima oleh calon pelanggan dalam hitungan detik. 

Apalagi kini sudah tersedia fitur email blast dari yang sangat mempermudah para pelaku bisnis. Mereka bisa mengirimkan email ke ribuan penerima dalam waktu yang cepat.

Ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis. Kita bisa melakukan promosi dengan email marketing secara bersamaan dengan praktis. Coba bayangkan jika 1000 orang mendaftarkan akun gmailnya untuk menerima email marketing. Dalam satu kali “klik” kita bisa menyampaikan informasi ke 1000 orang secara bersamaan.

2. Hemat Biaya

Keuntungan yang paling nyata dari promosi berbasis internet seperti email marketing adalah dari segi biaya. Karena tidak harus melibatkan banyak orang, tentu email marketing akan memangkas budget promosi bisnis kamu.

Biaya yang hemat ini menjadikan email marketing sebagai salah satu metode promosi yang paling banyak dilirik oleh pelaku bisnis.

3. Semua Bisa Diukur

Manfaat lain dari email marketing adalah memberikan kemudahan bagi bisnis untuk melakukan analisis dari campaign yang dibuat.

Dengan email marketing, kita bisa mengukur efektif tidaknya campaign dengan melihat matriks. Dari situ kita bisa melihat berapa orang yang menerima email, berapa yang merespon dan sebagainya.

Jadi bisa langsung evaluasi deh kalau semua serba terukur gini.

Wah, ternyata banyak banget kan manfaat email marketing buat brand. Tapi ada hal yang gak boleh kita lewatkan sebelum memutuskan untuk pakai strategi promosi email marketing. Dua hal yang harus kita tau yaitu tujuan dari email marketing itu sendiri. Ibaratnya agar jalan kita lebih enak kedepannya. Makanya harus tau dulu tujuannya mau ke mana. Nah ini dia tujuan dari email marketing.

Tujuan Email Marketing

1. Mempromosikan Produk

Seperti namanya “email marketing”, email untuk marketing. Tujuan pertama dari email marketing adalah mempromosikan produk dari bisnis kita ke calon-calon pelanggan baru.  

Objektifnya, biar calon pelanggan ini tau produk atau jasa yang kita jual. Kemudahan yang dibawa oleh email juga mampu menjanjikan jangkauan promosi lebih luas lagi.

2. Mempersuasi Calon Pelanggan

Setelah memasarkan produk, kita tentu berharap kalau para calon pelanggan benar-benar tertarik dan membeli produk kita. Di sinilah peran email marketing dijalankan. 

Email yang diterima oleh calon pelanggan akan berisi naskah persuasif agar pelanggan mau membeli. Atau paling tidak pelanggan tau tentang keberadaan produk kita di pasaran.

Sebenarnya, dengan menjalankan email marketing, kita sedang membuat perangkap agar calon pelanggan bersedia menjadi pelanggan yang loyal. 

3. Meningkatkan Traffic Website

Tidak hanya bertujuan meningkatkan penjualan, email marketing bisa juga diarahkan ke traffic website. Biasanya email akan disertai dengan tautan yang mengarah ke salah satu artikel website. Ketika pelanggan klik link tersebut, maka ia akan dibawa ke perangkap yang lebih besar, yaitu website.

Adanya website akan membantu calon pelanggan memuaskan rasa penasaran akan brand tersebut. Apalagi kalau desain dan konten website brand kamu menarik, bisa-bisa calon pelanggan betah berlama-lama di website kamu.

Semakin lama mereka berselancar di website kamu, maka semakin baik pula efeknya untuk traffic website.

Selain tiga hal itu, tentu masih banyak tujuan email marketing lain. Kamu juga bisa menyesuaikan tujuan email marketing sesuai dengan tujuan bisnismu. Hal yang paling penting dari keberhasilan email marketing adalah isi konten yang persuasif. Jadi sebisa mungkin kamu perlu bikin konten semenarik mungkin. Buat calon pelanggan kamu merasa kepo dan ingin cari tahu lebih lanjut.

Setelah tahu keuntungan memanfaatkan strategi email marketing untuk bisnis, mungkin  kamu bisa mulai coba memikirkan untuk pakai email marketing. Selain lebih lebih efektif, budgetnya juga murah loh. Email marketing juga bisa jadi opsi kamu dalam menjalankan marekting dan branding brand kamu.

Article written by Laillia Dhiah Indriani

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram