Saat memulai sebuah bisnis dengan resource yang terbatas, membangun website adalah hal yang dianggap tidak terlalu penting.
Biasanya ini dilakukan karena dua kemungkinan.
Pertama, kita merasa effortnya tinggi dan harganya terlalu mahal, yang padahal gak mahal sama sekali (kalau dibuat sesuai kebutuhan ya).
Kedua, brand kita belum terlalu butuh website.
Khusus buat kamu yang berpikiran belum membutuhkannya, semoga bisa berubah pikiran setelah baca 5 manfaat memiliki website untuk brand kamu berikut ini.
1. Membangun Trust dan Experience
Kalau bisnis kamu bergerak di bidang jasa, memiliki website adalah hal yang krusial.
Let’s say kamu adalah seorang desainer grafis. Biasanya desainer grafis malas membangun website sendiri karena menganggap portfolio bisa ditampilkan di tempat lain.
Tapi kadang kita lupa kalau website bukan hanya sebagai tempat untuk display saja. Kita bisa memanfaatkan website sebagai tempat membangun trust.
Lebih dari portfolio kita bisa munculkan profil kita, achievement, dan testimonial. Semua bisa dikemas dengan lebih rapi.
2. Customer Journey yang Lengkap
Media sosial sangat efektif untuk menjangkau orang baru. Karakteristiknya lebih enak digunakan sebagai ujung tombak fase awareness.
Setelah pelanggan potensial mampir ke media sosial, kita bisa arahkan dia ke website untuk fase selanjutnya.
Di website kita bisa dengan leluasa menceritakan apapun tentang brand dan produk kita. Semua bisa kita custom dan dibuat lebih detail! Otomatis kita juga akan memberikan pengalaman lebih baik lagi untuk leads yang masuk.
3. Data yang Bisa Kita Olah Sendiri
Manfaat memiliki website yang sangat penting adalah fungsinya dalam memisahkan karakteristik pelanggan yang pernah tertarik dengan brand kita sebelumnya, dengan orang yang baru pertama kali datang.
Data ini sangat bermanfaat untuk mempelajari bagaimana behavior pelanggan potensial saat mereka ada di website.
Kita bisa mendeteksi halaman mana yang mereka suka, topik apa yang bikin mereka suka baca, berapa lama waktu yang mereka habiskan di website kita, bahkan kita bisa cari tau OS (Operating System) dan devices apa yang mereka pakai.
Semua itu bermanfaat ketika kita ingin menyusun strategi marketing selanjutnya.
4. Landing Page yang Dapat Meng-konversi
Kalau brand kita jualan produk, memiliki website sering dikaitkan dengan fitur add-to-cart di web (web e-commerce). Untuk saat ini, behavior di Indonesia masih belum terlalu akrab sama cara ini. Tapi kita bisa memanfaatkan website kita untuk membangun landing page.
Landing page ketika disusun dengan struktur dan copywriting yang baik akan lebih ampuh dalam meningkatkan angka penjualan.
Di Akarmula, kamu bisa request untuk dibuatkan landing page juga. Semua lengkap mulai dari hosting, domain, UI/UX landing page, juga copywriting yang persuasif-nya bakal disediakan.
Kamu bisa order sekarang juga. Tapi kalau mau tanya-tanya dulu sama admin kami juga boleh kok.
5. Mengurangi Biaya Marketing
Saat kita menulis di website dengan teknik SEO yang baik, manfaat memiliki website bakal lebih terasa. Dengan SEO yang baik website kita bisa nangkring di halaman paling depan mesin pencarian.
Tapi sayangnya karena terlalu lama untuk dapat hasilnya, cara ini jarang dipilih sama pemilik brand.
Untuk jangka pendek, membangun infrastruktur secara lengkap memang tidak terlalu terasa manfaatnya. Tapi saat kita ingin bermain jangka panjang, apa yang kita bangun akan sangat bermanfaat.
Kamu pingin brand yang dibangun umur pendek atau panjang? Kalau panjang, pastikan membangun web dari sekarang!