Baru-baru ini ada campaign menarik yang dilakukan oleh KFC Spanyol.
Campaign tersebut dibuat mengikuti pembukaan gerai baru di Majorca, tepatnya di Balearic island’s Polígono de Son Malferit.
KFC melakukan campaign dengan meminjam visual identity milik IKEA. Mulai dari warna biru - kuning khas IKEA, hingga typography dalam menulis pesan di dalamnya.
Strategi campaign tersebut dipilih dengan alasan warga lokal mengenal lokasi sekitar sebagai “Lokasi IKEA Berada”.
Beberapa dari kita mungkin akan berpikir ini sebagai pelanggaran IP (Intellectual Property).
Tapi bukannya menjadikan itu masalah, IKEA Spanyol justru merespon dengan humor, “Terima kasih KFC karena sudah memberi tahu orang di mana #AyamAyam berada: ada di HUVUDROLL meatballs”.
Gracias, @KFC_ES, por indicar a la gente dónde está el #PolloPollo: en nuestras albóndigas HUVUDROLL.😉 pic.twitter.com/9wIisE5Vcn
— IKEA España (@IKEASpain) July 29, 2021
Selama sepanjang hari, kedua brand ini jadi obrolan di internet dan menghasilkan lebih dari 6000 interaksi.
KFC Spanyol, melalui brand managernya memberikan sebuah statement, "Pembukaan restoran baru ini merupakan kesempatan untuk lebih mendekatkan diri dengan penduduk setempat. Itu sebabnya kami mencoba menemukan insight lokal yang memungkinkan kami menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka."