fbpx

Kupas Tuntas Tentang Apa Itu Digital Marketing

August 9, 2022
apa itu digital marketing

Kalau ditanya tentang apa itu digital marketing, jawaban singkatnya adalah pemasaran secara online. Tapi kamu pasti nggak akan puas dengan jawaban singkat, kan?

Yuk kita kupas lebih dalam lagi.

Apa itu digital marketing?

Faktanya, masih banyak dari kita yang menganggap bahwa digital marketing itu cuma cuma sebatas pasang iklan di media sosial aja. Padahal lebih luas daripada itu.

Padahal semua kegiatan pemasaran yang pakai internet, itu bisa disebut  sebagai digital marketing.

Digital marketing adalah salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh brand melalui platform digital dengan memanfaatkan internet. Bentuk dari digital marketing ini tentu sangat beragam. Mulai dari website, media sosial, e-commerce, marketplace, native Ads, SEO, SEM, hingga influencer marketing.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing Trifecta? Yuk Kenalan!

Siapa yang perlu memahami digital marketing?

Bukan hanya pemilik bisnis. Bahkan di level personal digital marketing bahkan dapat membantu seseorang untuk menyampaikan gagasan-gagasan yang ia miliki.

Dengan memahami dan melakukan digital marketing secara tepat maka gagasan yang dimiliki seseorang akan lebih didengar oleh banyak audience.

Kapan harus mulai melakukan digital marketing

Jawabannya adalah sesegera mungkin. Pergerakan informasi sekarang semakin cepat. Artinya, semakin kamu menunda untuk melakukan optimasi strategi digital marketing, maka besar kemungkinan kamu akan semakin tertinggal.

Tapi yang perlu diingat di sini adalah, sebelum kita mantap akan memulai digital marketing, pastikan dulu semua dalam keadaan siap. Mulai dari budget hingga tim yang akan melakukannya.

Baca Juga: Membangun Tim Kreatif untuk Berkolaborasi dalam Bisnis

Di mana harus melakukan digital marketing?

Digital marketing harus dilakukan di berbagai channel yang dimiliki oleh brand kita.

Seperti yang kita tahu, setiap hari ada jutaan konten tersaji dalam waktu instan. Konten-konten ini umurnya sangat singkat. Berhadapan dengan kondisi ini, artinya kita perlu strategi untuk membuat satu konten dapat terhubung ke banyak tempat sekaligus.

Konten yang disajikan di media sosial sebisa mungkin tidak berakhir di media sosial saja. Seperti kamu yang sedang membaca konten ini, bisa jadi kamu sampai ke sini karena melihat post yang ada di media sosial Akarmula.

Kenapa harus melakukan digital marketing?

Kalau bicara tentang kenapa kita harus pakai digital marketing, sudah pasti karena manfaatnya yang sangat banyak. Beberapa manfaat dari digital marketing adalah ialah:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Digital marketing itu bikin kita bisa jualan sampai ke penjuru dunia. Nggak ada lagi batasan tentang alamat toko yang terletak di daerah tertentu. Asalkan semua terkoneksi internet, kita bisa membuka toko di mana saja.

Karena kita bisa jualan dari mana aja, tentu pasar kita menjadi lebih luas. Semakin luas jangkauan pasar, maka semakin banyak juga pelanggan potensial yang bisa kita dapatkan.

2. Hemat Biaya

Menjalankan digital marketing itu bisa dibilang  pemasaran yang murah tapi berhasil nampol. Karena pemasarannya serba digital, kita hampir nggak perlu mondar mandir untuk menawarkan produk kita.

Cukup sekali posting di media online, kita udah bisa mendatangkan leads yang isinya pelanggan potensial.

Tapi yang perlu diperhatikan di sini adalah tentang risetnya. Jangan sampai kita salah riset dan berujung pada promosi yang sia-sia.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Siapa bilang kalau digital marketing itu cuma bicara tentang penjualan. Salah satu manfaat dari digital marketing adalah meningkatnya brand awareness.

Kenapa bisa gitu?

Hal ini bisa terjadi karena dengan masuk ke ranah digital, jangkauan pasar kita lebih luas. Semakin banyak pasar yang kita jangkau, semakin banyak pula yang tau tentang brand kita. Dengan begitu, brand awareness juga akan ikut meningkat.

Bagaimana cara melakukan digital marketing?

Ada setidaknya 3 step penting yang perlu kita jalankan untuk melakukan digital marketing. Simak uraiannya di bawah ini:

1. Perkuat Riset

Kalau kita mau melakukan strategi digital marketing, berarti kita nggak boleh malas buat riset. Bisa dibilang riset adalah makanan pokok digital marketing. Setiap hal dari digital marketing selalu berkaitan dengan riset.

Jadi, langkah pertama untuk sukses melakukan digital marketing adalah dengan memperkuat riset di berbagai sisi. Mulai dari riset pasar, riset audiens, riset algoritma dan lain-lain. 

2. Buka Banyak “Keran” Digital

Semakin banyak keran dibuka, semakin banyak air yang mengalir. Begitu juga dengan digital marketing. Semakin banyak channel dibuka, maka semakin banyak pula pelanggan yang bisa disaring.

Untuk itu, kita perlu mengkombinasikan banyak channel untuk mensukseskan proses digital marketing yang kita jalankan. Jangan hanya mengandalkan satu channel saja. Karena kalau channel itu gagal, kita tidak akan punya backupnya.

Misalnya, kita bisa membuka channel lewat media sosial, tapi juga memaksimalkan website dengan SEO untuk backup.

3. Buat Konten Yang Menarik

Setelah riset yang tajam dan banyak channel dibuka, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang menarik perhatian. Buat mereka calon pelanggan potensial ini merasa nyaman berada di akun kita.

Ingat, konten ini bisa dibilang ujung tombak dari sebuah digital marketing. Kalau tombak berhasil meluncur tepat sasaran, maka bukan tidak mungkin jika kita kebanjiran pelanggan. Tapi, kalau tombak kita meleset, bisa-bisa nggak ada satu pun pelanggan yang datang.

Jadi, pastikan untuk terus memproduksi konten yang diminati pelanggan dan rajin melakukan evaluasi. Dengan begitu, kita bisa selalu menjaga kualitas konten yang kita buat.

Nah, itu tadi serba-serbi dari apa itu digital marketing  yang bisa kita pahami. Setelah tau tentang digital marketing, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk menjalankannya. Dengan memaksimalkan digital marketing ini semoga brand yang sedang dijalankan semakin berkembang dan laris di pasaran!

Article written by Laillia Dhiah Indriani

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram