Pernah dengar istilah “ Brand gak bisa cuma jualan”? istilah ini kira-kira yang paling dekat dengan Corporate Social Responsibility(CSR). Tapi apa sih sebenarnya CSR dan pengaruhnya terhadap brand?
Sadar atau tidak, jika brand hanya mementingkan “jualan” maka kemungkinan ia tidak akan bertahan lama. Apalagi kini semakin banyak brand serupa bermunculan. Maka untuk menyiasatinya brand butuh lebih dari sekedar profit, melainkan juga value. Salah satunya melalui program CSR.
CSR menjadi ramai di kalangan brand karena dapat melakukan fungsi sosial sekaligus promosi secara bersamaan. Keberhasilan dari CSR akan membuat brand memiliki value lebih di mata konsumennya.
Corporate Social Responsibility atau dikenal dengan istilah CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan di sekitarnya. Baik itu karyawan, customer, pemegang saham, hingga masyarakat di sekitar tempat usaha.
Ibaratnya, CSR ini adalah upaya brand untuk membayar ganti rugi atas apa yang ditimbulkan oleh usahanya.
Misalnya sebuah brand cat dinding yang melaksanakan CSR perusahaannya dengan mengecat satu desa untuk dijadikan sebagai kampung warna-warni dan mendorong ekonomi warga sekitar.
CSR dari perusahaan bisa berbeda-beda. Meskipun begitu fokus utamanya tetaplah sama, yaitu bentuk tanggung jawab brand terhadap lingkungannya. Beberapa bentuk CSR antara lain:
Merupakan bentuk CSR dengan mendirikan semacam yayasan atau perusahaan yang seluruh hasilnya digunakan untuk membantu masyarakat.
Bentuk CSR ini yang paling umum dilakukan. Brand akan membantu masyarakat untuk merawat lingkungan dan memperindahnya. Ada yang membuat taman, mengubah desa menjadi desa wisata, membuat bank sampah, bahkan mendirikan sarana pendidikan.
Bentuk CSR tidak hanya sebatas tanggung jawab lingkungan luar perusahaan, tapi juga internal. Salah satu menjalankan CSR lingkungan adalah mempraktekkan kerja etis terhadap semua karyawan. Bisa dengan memberikan reward sesuai pencapaian, memberikan cuti yang layak, gaji yang pantas dan menjamin kenyamanan dan keselamatan kerja seluruh karyawan.
CSR dan pengaruhnya terhadap brand bisa dibilang sangat besar. Bagi perusahaan salah satu manfaat adalah brand image. Brand image yang baik akan memunculkan awareness dari konsumen. Ketika awareness sudah terbentuk, maka loyalitas konsumen sudah bisa terjamin.
Sedangkan manfaat CSR bagi konsumen dan lingkungan antara lain adalah terjaganya lingkungan sekitar mereka, muncul rasa nyaman untuk berinteraksi lebih dekat dengan brand, rasa memiliki lebih besar, dan masih banyak lagi.
Banyaknya manfaat CSR dan pengaruhnya terhadap brandmenjadikan para pemilik brand berlomba-lomba membuat CSR yang menarik. Berbagai campaign disusun untuk mendukung program CSR. Kamu bisa mulai CSR dari brand-mu dengan langkah sesederhana mungkin. Yang penting tujuan dari CSR tetap tercapai.