fbpx

7 Manfaat Branding yang Dibutuhkan Oleh Bisnismu

September 5, 2023
Ilustrasi manfaat branding

Ngomongin urusan membangun bisnis, ternyata ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pemilik bisnis. Nggak cuma modal, sumber daya, atau marketing, tetapi juga branding. Namun, masih banyak pemilik bisnis yang belum tahu manfaat branding untuk bisnisnya.

Kalau pendapatmu sendiri tentang manfaat branding bagaimana? Sudah mengira-ngira belum apa aja manfaat branding? Karena ternyata, branding itu penting banget buat brandmu.

Keberadaan branding itu ibarat jiwa dari sebuah bisnis atau brand. Ingat, brand itu kesan dan makna yang bisa dirasakan oleh audiens saat berinteraksi dengan bisnismu. Kamu pengen kan bikin bisnismu semakin berkesan dan bermakna di benak audiens? Oleh karena itu kamu perlu branding untuk bisnismu.

Tapi, emangnya manfaat branding apa aja sih? Di postingan kali ini, Akarmula bakal mengulas 7 manfaat branding yang bagus untuk bisnismu. Nggak cuma saat membangun bisnis, manfaatnya bisa kamu rasakan juga saat ngembangin brandmu. Baca sampai habis, ya!

Apa Sih Branding Itu?

Sebelum ngobrolin soal manfaat dari branding, kita bahas dulu nih apa sih sebenarnya branding itu?

Di awal kita sudah sepakat ini kalau brand itu bagaimana orang lain atau audiens melihat bisnismu saat mereka berinteraksi. Interaksi ini yang nantinya memunculkan kesan di benak audiens yang bisa kamu pengaruhi atau tidak dapat dipengaruhi.

Dengan brand, audiens akan lebih mudah mengenali bisnismu dan membangun kesan terhadap hal tersebut. Hal ini yang bikin audiens dapat merasakan keberadaan dari brandmu.

Biar makna ini bisa dibangun, maka perlu adanya proses branding nih. Branding itu adalah proses atau langkah strategis yang dilakukan suatu bisnis atau entitas untuk memunculkan makna yang ingin disampaikan.

Tanpa adanya proses branding, belum tentu suatu brand dapat menjual produknya dengan efektif walaupun memiliki strategi marketing yang matang dan optimal.

Terus, apa sih output dari branding? Kalau marketing kan outputnya penjualan, kalau branding apakah outputnya juga penjualan? Jawabannya lebih dari itu.

Branding itu outputnya adalah kita ingin bisnis atau entitas kita dikenal sebagai apa oleh audiens? Oleh karena itu sebuah purpose—tujuan brand tersebut ada, dan nilai-nilai positif perlu kita hadirkan di dalam brand yang sedang kita bangun.

Makanya itu, branding itu sendiri bakal berhubungan juga dengan jawaban kenapa brandmu harus ada di tengah masyarakat. Kamu akan dapat memahami keinginan dari audiens dan target pasar dengan baik.

Nggak hanya itu, strategi branding juga akan membantu hubungan antara konsumen dengan brand-mu menjadi lebih dekat, sehingga mereka merasa betah dan nyaman.

Manfaat Branding yang Menguntungkan untuk Bisnismu

Setelah mengetahui pengertian dari branding sendiri, selanjutnya mari kita bahas tentang apa saja sih manfaat branding untuk bisnismu. Yuk, simak ulasannya!

1. Munculin Makna untuk Brandmu

Benefit pertama yang bakal dirasakan oleh brandmu dengan adanya branding adalah bisnis atau brandmu bakal memiliki makna.  

Seperti yang sudah kita sepakati di awal, brand adalah kesan dan makna yang bisa dirasakan oleh audiens saat berinteraksi dengan bisnismu. Kesan ini yang bakal menentukan apakah audiens bakal merespons positif dan mengingat keberadaan brandmu atau tidak.

Makna dan kesan ini yang penting dan menentukan bakal kemana brandmu nantinya. Oleh karena itu, proses branding bakal berperan penting dalam menentukan makna apa yang ingin dibentuk.

Hal ini karena proses branding bisa disebut sebagai proses untuk membentuk wajah dan mengisi jiwa dari brandmu. Bisa dibilang, branding ini adalah langkah untuk melukis bisnis kita yang saat itu masih selembar kanvas polos.

Jadi, jangan sekali-kali sepelekan proses branding ya. Apalagi kalau kita tahu kesan dan makna ini penting buat bisnismu. Tentunya masih ada manfaat lain dari proses branding yang bakal kita bahas selanjutnya.

2. Bangun Brand Awareness

Benefit kedua kenapa kamu harus branding adalah karena proses branding bakal bantu Kamu bangun brand awareness untuk bisnismu.

Jadi, branding ini adalah langkah pertama untuk membangun brand awareness buat bisnismu. Apa artinya?

Artinya dalam proses branding, kamu perlu memiliki visi atau ide yang jelas nih, tentang apa sih bisnismu itu dan apa yang diwakili sama brandmu.

Proses branding ini yang bakal kamu lakukan untuk ningkatin brand awareness, mulai dari membentuk identitas hingga bagaimana brandmu bakal dikenal nantinya. Selain itu, proses branding itu bisa dibilang sebagai proses kenalan bagi brand ke audiensnya.

Caranya agar audiens mau melirik brandmu adalah dengan menerapkan langkah branding yang tepat bagi bisnismu.

3. Ningkatin Brand Recognition

Mirip-mirip dengan manfaat kedua, branding juga bisa bermanfaat untuk ningkatin brand recognition. Brand recognition itu pada dasarnya merupakan tolok ukur seberapa jauh audiens mengenal maupun mengidentifikasi brandmu lewat berbagai cara.

Contoh, kamu kenal brand mana yang menggunakan logo “Swoosh”, brand makanan cepat saji yang identik dengan warna merah, atau siluet botol dan logo dari brand minuman kola favoritmu.

Nggak hanya itu, branding yang tepat akan membuat audiens atau konsumen merasa familiar dengan nuansa yang dibawa oleh brandmu. Contoh, McDonald’s di Jepang pasti memiliki vibes interior yang sama dengan McDonald’s di Indonesia.

Semakin konsisten brandingmu, semakin mudah dikenal brandmu, semakin mudah juga audiens mengenal brandmu dan mengingatnya di dalam pikirannya. Contohnya ya seperti McDonald’s yang konsisten brandingnya.

4. Meningkatkan Customer Loyalty

Branding bisa ningkatin loyalitas konsumen? Nggak salah? Nggak kok. Istilahnya, sekali konsumen kenal dengan brandmu dan beli produkmu, mereka bakal balik beli produkmu lagi kalau brandingnya tepat.

Tapi, membangun customer loyalty ini bukan perkara yang bisa jadi dalam sekejap. Proses ini tentunya bakal membutuhkan waktu dan usaha.

Di sini branding kudu bekerja keras. Dengan branding yang tepat, kamu bisa memberikan pengalaman positif dan berkesan bagi audiens selama mereka berinteraksi dengan brandmu. Ini yang nantinya bakal berbuah customer loyalty.

Kenapa sih customer loyalty ini penting? Soalnya, customer loyalty bakal bikin brandmu punya kesan yang positif, nggak jarang, pelangganmu bakal merekomendasikan produkmu ke orang lain, jadi membentuk word-of-mouth yang bakal mendatangkan cuan.

5. Bikin Brandmu Lebih Gampang buat Berkembang

Kalau bisnismu melakukan branding secara tepat, bukan nggak mungkin brandmu bakal lebih mudah untuk berkembang. Ngembangin brandmu bakal bikin bisnismu bisa mencakup pasar dan konsumen yang lebih luas.

Sekarang coba bayangkan, kira-kira McDonald’s bakal sebesar sekarang nggak kalau nggak branding? Tentu saja tidak. McDonald’s punya branding yang kuat sehingga mereka bisa berkembang luas sampai membuka cabang di seluruh dunia.

Maka dari itu, bisnismu perlu branding agar bisnismu makin mudah untuk berkembang dan mudah dikenali juga sama audiens di seluruh dunia.

6. Bantu Marketing makin Efektif

Selanjutnya, bisnismu perlu branding agar proses marketing bisnismu berjalan secara efektif. Akarmula percaya kalau branding dan marketing ini dua hal yang beriringan. Saat kamu membangun sebuah brand dengan branding yang tepat, kemungkinan besar audiens bakal lebih mudah tertarik dengan marketing campaign dari bisnismu.

Contohnya seperti Apple, beberapa waktu yang lalu kita semua menaruh perhatian pada iklan Apple di Indonesia dengan copy “Kuning. Keren.”. Percaya nggak kalau yang bikin kita tertarik sebenarnya dipengaruhi oleh brand Apple itu sendiri?

Kalau ini diterapin di brand lain yang brandingnya kurang kuat, belum tentu audiens bakal tertarik. Namun, Apple punya branding yang kuat nih, makanya ngasih perhatian dengan copy yang unik dan menarik.

7. Menarik Talent untuk Kerja di Brandmu

Benefit dari branding sendiri nggak cuma berkutat dengan bagaimana bisnismu menjual produk. Branding yang tepat bisa bikin internal perusahaanmu sehat dan berkembang dengan pesat.

Branding ini ternyata bakal ngebantu banget untuk brandmu dapat merekrut talent-talent terbaik yang bekerja di perusahaanmu. Saat brandmu melakukan branding secara efektif, banyak orang bakal ngeh dengan brandmu, kredibilitas brandmu juga semakin meningkat.

Naiknya kredibilitas brandmu otomatis bikin orang-orang seperti KOL, content creator, digital marketer, dan berbagai orang dengan keahlian yang bakal dibutuhkan oleh bisnismu. Hal ini karena branding bisa bikin orang lain mikir bisnismu itu tempat yang bagus buat kerja.

75% pencari kerja bahkan lebih mempertimbangkan untuk melamar di perusahaan yang punya employer branding yang bagus. Begitupun sebaliknya, brand yang brandingnya gak efektif belum tentu dapat menarik perhatian jobseekers.

Bayangkan kalau brandingmu efektif, bukan nggak mungkin bisnismu bisa berkolaborasi dengan talenta-talenta terbaik yang bersama ingin memajukan brandmu.

Itu tadi 7 manfaat dari branding yang perlu kamu ketahui untuk kemajuan bisnismu. Kalau kita lihat, branding itu ternyata manfaatnya banyak banget ya. Nggak hanya biar bisnismu makin dikenal, branding juga bantu brandmu biar semakin maju.

Proses branding itu memang nggak gampang, perlu waktu, usaha, dan konsistensi yang tinggi. Nggak jarang, pemilik bisnis juga menemui kebuntuan dalam memulai branding atau saat berada di tengah proses branding.

Kalau kamu bingung saat lagi branding bisnismu, kamu bisa konsultasi gratis di sesi 60 Minutes About Your Brand. Di sesi ini, kita bakal mengenal bisnismu lebih dalam dan mencari solusi branding yang tepat untuk bisnismu.

Mau konsultasi gratis? Klik link ini untuk booking sesinya!

Article written by Herpinando Trisnu

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram