fbpx

Contoh Campaign Menarik yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi Marketing

August 29, 2023
ilustrasi campaign menarik

Buat yang bekerja di industri kreatif, sebagai seorang marketer, atau bahkan pemilik bisnis, pasti paham jika marketing ini suatu proses yang penting saat jualan produk. Nggak jarang contoh campaign menarik jadi perhatian bagi banyak praktisi.

Key Takeaways

  • Marketing campaign yang menarik bakal berdampak bagi pertumbuhan brand, membuat brand semakin menonjol, dan meningkatkan penjualannya.
  • Untuk membuat marketing campaign yang menarik, Kamu perlu mempertimbangkan target audiens, momen, storytelling, media, hingga visualnya.

Marketing campaign yang menarik ini tentu penting dan bermanfaat bagi berbagai bisnis. Dengan campaign yang menarik dan tepat, kita tentunya bakal mendapatkan perhatian audiens. Selain itu, reputasi brand pun juga semakin meningkat.

Namun, membuat suatu campaign marketing yang menarik itu nggak semudah yang dikira banyak orang. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan saat membuat suatu campaign, belum lagi berbicara soal inspirasi campaign.

Biar nggak bingung cari inspirasi marketing campaign yang menarik, Akarmula sudah merangkum 10 contoh campaign menarik dari dalam negeri maupun luar negeri yang bisa kamu jadikan inspirasi. Yuk baca artikelnya sampai tuntas!

Kenapa Marketing Campaign yang Menarik itu Penting Bagi Brand?

Sebelum bahas contoh-contohnya, perlu tahu juga nih kenapa marketing campaign yang menarik itu penting buat brand.

Intinya marketing campaign yang menarik dan efektif bakal berdampak besar untuk pertumbuhan bisnismu. Melalui marketing campaign, suatu brand dapat meningkatkan brand awarenessnya.

Selain itu, marketing campaign yang menarik bakal bikin brandmu menonjol dan terlihat berbeda dibandingkan kompetitor. Apalagi, campaign yang menarik bakal memiliki potensi lebih besar untuk menggaet konsumen.

Tentunya, brandmu bakal naik level kalau bisa memaksimalkan potensi marketing campaign dan mengeksekusinya dengan tepat.

Contoh Campaign Menarik yang Bisa Kamu Tengok dan Pelajari

Setelah memahami kenapa marketing campaign itu penting bagi brandmu, sekarang saatnya kita mulai kupas satu persatu apa saja contoh campaign yang menarik.

Old Spice “The Man Your Man Can Smell Like”

Saat memasarkan produk perawatan pria, percaya nggak sih kalau banyak audiences-nya yang ternyata wanita? Ini insight yang didapat oleh Old Spice kalau banyak produk perawatan pria itu justru yang beli malah wanita.

Dengan menggandeng aktor Isaiah Mustafa, campaign ini dibawakan dengan nuansa humor yang cukup absurd tetapi dengan pesan yang jelas, yaitu kalau produk Old Spice cocok untuk segala pria yang diidamkan oleh wanita.

Humor yang dibawakan pun tidak berlebihan dan relate dengan keadaan audiences. Nggak heran kalau campaign ini memenangkan Cannes Grand Prix, EFFIE Award, dan bantu ningkatin penjualan produk Old Spice sampai 107%.

Dengan konsep yang kreatif dan humor yang ngena, ini ngebuktiin kalau suatu iklan produk buat cowok itu nggak perlu kelewat maskulin pembawaannya.

Coca-Cola “Share a Coke”

Campaign selanjutnya yang bisa kamu tengok adalah campaign dari Coca-Cola yang berjudul “Share a Coke”.

Coca-Cola memang terkenal memiliki berbagai campaign yang menarik, tetapi yang paling berkesan tentu campaign “Share a Coke” di tahun 2011.

Campaign ini memiliki premis yang menarik. Setiap kemasan produk Coca-Cola dituliskan nama-nama yang populer. Contohnya, menjadi “Share a Coke with Ryan” dan berbagai nama lainnya.

Ternyata, campaign ini sukses membuat banyak orang penasaran dan membeli produk Coca-Cola hanya untuk mencari nama mereka di dalam produk tersebut. Kemudian, mereka mengabadikan nama yang ada di produk tersebut di media sosial atau berbagi dengan orang terdekat.

Campaign ini sukses meningkatkan brand awareness dan penjualan dari Coca-Cola bahkan memenangkan Cannes Grand Prix.

Apple “Creativity Goes On”

Campaign selanjutnya yang menarik untuk dibahas adalah campaign dari Apple, “Creativity Goes On” di tahun 2020.

Iklan ini muncul di tengah pandemi Covid-19 dan berfokus pada pesan jika pandemi dan lockdown tidak akan menghentikan kreativitas mereka di rumah. Oleh karena itu, campaign ini berisi kompilasi hasil kreativitas pengguna produk Apple saat menggunakan produk dari brand tersebut.

Nike “Just Do It”

Untuk campaign satu ini, pasti kamu sudah akrab kan? Tagline Nike yang terkenal ini ternyata merupakan salah satu marketing campaign tersukses dari Nike.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1988, Nike menggaet atlet amatir hingga profesional di seluruh dunia agar menjadi inspirasi bagi audiens untuk termotivasi dalam mengambil langkah untuk mencapai impiannya.

Menariknya, campaign “Just Do It” ini mampu menginspirasi banyak orang untuk memulai langkah awal mereka dan mengirimkan kisah inspirasi tersebut ke Nike. Hal ini yang kemudian diolah oleh Nike untuk membuat cerita yang berkesan dan inspiratif dalam campaign tersebut.

Lewat campaign “Just Do It”, Nike mampu menyebarluaskan pesan dan value proposition yang dimiliki oleh Nike dengan tagline yang mudah diingat.

Indomie “Indomie Seleraku”

Kalau mendengar Indomie, kamu pasti teringat dengan jingle yang memiliki lirik khas “Indomie Seleraku” dari brand tersebut. Ternyata, marketing campaign “Indomie Seleraku” ini memiliki pesan yang menarik.

Pesan yang ditonjolkan, oleh campaign “Indomie Seleraku” menunjukkan jika segala kenikmatan kuliner dari Sabang sampai Merauke bisa dinikmati di sebungkus Indomie.

Karena pesan tersebut, Indomie mampu mengasosiasikan varian produknya agar bisa dieksplorasi oleh konsumen yang ingin merasakan cita rasa nusantara dan cocok di lidah semua orang.

Marjan “Campaign Ramadhan”

Coba sebutkan brand yang campaign-nya suka muncul di tiap bulan Ramadhan. Jawaban pertama pasti Marjan. Brand sirup satu ini campaign-nya selalu muncul di bulan Puasa, bahkan saat ini menjadi penanda kalau Ramadhan sudah dekat.

Campaign Ramadhan Marjan seringkali berbentuk cerita berseri yang muncul dari sebelum bulan Ramadhan hingga lebaran. Tema cerita yang dibawakan pun beragam tiap tahunnya, tetapi selalu menarik perhatian audiens, kok bisa?

Campaign Ramadhan Marjan selalu menggunakan storytelling dengan narasi yang kuat dan mampu menggugah emosi audiens. Selain itu, campaign Ramadhan Marjan juga selalu menempatkan nilai-nilai positif di dalam ceritanya yang juga disesuaikan dengan tren yang ada.

Faktor visual juga menjadi salah satu alasan kenapa campaign Ramadhan Marjan selalu ditunggu tiap tahunnya. Nggak hanya sinematografi yang epik, tetapi juga memanfaatkan special effect yang optimal. Tak lupa juga placement produk Marjan yang halus di tiap ceritanya.

Gojek “Pesan dari Rumah”

Selanjutnya adalah campaign Gojek di masa pandemi, yaitu “Pesan dari Rumah”. Tentunya, Gojek mendorong penggunanya untuk tetap berada di rumah dan mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini bakal mendorong pengguna Gojek untuk menggunakan layanan GoFood atau layanan lainnya agar mereka tetap berada di rumah. Selain itu, Gojek juga membuat materi campaign bagi mitra driver Gojek untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Campaign ini mampu meningkatkan brand awareness Gojek dan membuat audiens mengasosiasikan brand tersebut dengan kesan yang positif.

Wardah “Beauty Moves You”

Saat berbicara brand skincare, kita seringkali mengasosiasikan campaign-nya berfokus pada kecantikan saja. Namun, Wardah memiliki pendekatan yang berbeda.

Melalui campaign “Beauty Moves You”, Wardah ingin meningkatkan kesadaran jika cantik bukan hanya dari penampilan, tetapi juga dari dampak positif yang dibawa. 

Oleh karena itu, Wardah mendorong pemahaman kalau kecantikan sejati terpancar dalam setiap tindakan yang memberikan manfaat bagi lingkungan, sesama, dan dunia.

Campaign ini mampu membawa kesadaran jika perempuan dapat berkontribusi besar dalam membawa pengaruh positif dan inovasi bagi dunia.

Cover Super “Xtreme Outdoor”

Sebelum ngobrol lebih jauh, coba nonton iklan satu ini.

Reaksi pertama kalian mungkin bengong. Iya, iklan ini emang se-absurd itu kok. Tapi absurdnya itu yang bikin Akarmula tertarik buat masukin iklan ini ke list contoh campaign marketing yang bisa kamu coba.

Saat brand lain berfokus pada iklan dengan storytelling yang bekesan, visual yang memanjakan mata, Cover Super justru berfokus pada pembawaan pesan dengan cara yang berbeda.

Formula copywriting-nya pun menggunakan AIDA dengan pesan, pain points, dan keunggulan yang jelas. Bahkan Cover Super menambahkan narasi yang unik seperti “75% lebih tampan”, “Mie rebus…buss”, “Kucing..cingg”. Ini yang bikin campaign Cover Super gampang diingat saking berkesannya.

Question to Consider

  • Di tahap mana brandmu kudu punya campaign yang matang?
  • Bisa nggak sih campaign digunakan sebagai bagian dari branding?
Article written by Herpinando Trisnu

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram