“Sudah punya member Alfamartnya kak?”, itu salah satu contoh loyalty program yang ditawarkan oleh suatu brand. Sebelumnya, kita sudah bahas kalau loyalty program adalah program yang ditawarkan oleh bisnis, untuk memberikan reward kepada para pelanggan loyalnya.
Key Takeaways
Sekarang, udah banyak banget brand yang menggunakan loyalty program sebagai salah satu strateginya. Coba deh cek minimarket dekat rumah kalian, atau toko swalayan besar. Bahkan, bisa jadi coffeeshop langganan kalian itu juga sudah punya loyalty program.
Salah satu yang membuat loyalty program disukai oleh banyak brand adalah karena ternyata ini bisa jadi strategi yang tepat buat menghimpun pelanggan yang loyal. Dengan ini, bisnis nggak perlu terlalu capek buat cari pelanggan baru.
Di artikel kali ini, kita akan bahas berbagai contoh loyalty program yang sukses dari brand-brand besar di seluruh dunia. Jadi, baca artikel ini sampai habis!
Sebelum bahas lebih lanjut, kita bakal bilang kalau 75% pelanggan yang jadi member loyalty program dari suatu brand, pasti bakal membeli lebih banyak produk dari brand tersebut. Menarik, bukan?
Di sisi lain, makin banyak juga konsumen yang berharap reward yang sangat menguntungkan dari mengikuti suatu loyalty program. Umumnya, pelanggan itu suka loyalty program yang menawarkan diskon atau produk gratis, penawaran eksklusif, dan membership yang nggak ribet.
“Rugi dong kalau kaya gitu?” Nggak juga sih. Tadi udah sempat disinggung kalau loyalty program bisa bikin pelanggan beli produkmu lagi.
Selain itu, loyalty program juga bisa membangun customer retention yang baik untuk bisnismu. Di sini, kamu jadi nggak perlu kebingungan saat ingin membangun hubungan yang baik dengan calon pelanggan loyal.
Apalagi, loyalty program ternyata juga bisa ngebantu naikin reputasi dari brand loh. Karena biasanya program ini memudahkan pelanggan, pelanggan juga nggak segan buat ngepromosiin brandmu ke orang lain.
Program ini juga bakal memudahkan kamu dalam mengelola budget, dibanding terus-terusan mencari pelanggan baru yang nggak loyal dan hanya bikin budget membengkak.
Sekarang, kita bakal kasih contoh nih beberapa loyalty program yang sukses diterapkan sama beberapa brand besar.
Pertama ada Sephora Beauty Insider. Di program ini, pelanggan bisa mendapatkan poin untuk setiap pembelian yang mereka lakukan di Sephora. Poin-poin yang sudah didapat nanti bisa dikumpulkan untuk ngeklaim hadiah dari Sephora.
Hadiahnya beragam juga, mulai dari produk sample gratis sampai merchandise eksklusif. Ini menarik minat pelanggan Sephora buat jadi member.
Nggak cuma sampai situ saja, para pelanggan juga bisa menjadi bagian dari komunitas Beuaty Insider saat bergabung menjadi member Sephora. Di sini, para pelanggan bisa berbagi tips dan panduan tentang skincare dan make up.
Bahkan, Sephora juga memberikan apresiasi bagi para pelanggannya yang paling loyal untuk mendapatkan akses mengikuti acara eksklusif dari Sephora jika menjadi member dengan tier tertinggi.
Perpaduan antara reward dan akses komunitas ini yang membuat Sephora Beauty Insider menjadi salah satu loyalty program yang sukses.
Selanjutnya ada Adidas adiClub. Loyalty program dari Adidas ini menjadi salah satu loyalty program tersukses di dunia. Sistemnya, member bakal mendapatkan poin untuk setiap pembelian, review, atau mengikuti event dari Adidas.
Di adiClub juga, member bakal mendapatkan akses eksklusif untuk membeli produk-produk Adidas yang akan dirilis, akses untuk mengikuti event dari Adidas, hingga aplikasi olahraga premium.
Nggak cuma itu, Adidas juga menawarkan berbagai keuntungan lainnya, seperti ongkos kirim gratis, diskon spesial, hadiah ulang tahun, hingga layanan prioritas.
Adidas juga menawarkan beberapa keuntungan yang menarik, seperti kesempatan untuk nonton pertandingan di kursi khusus Adidas, produk Adidas yang ditandatangani atlit, hingga akses untuk mengikuti Adidas Member’s Week. Nggak heran kalau member adiClub sendiri bisa mencapai lebih dari 240 juta member di seluruh dunia.
Di layanan transportasi ada Alaska Airline Mileage Plan. Loyalty program dari maskapai penerbangan jadi suatu hal yang wajib diikuti karena keuntungannya banyak, tidak terkecuali dengan Alaska Airline.
Alaska Airline Mileage Plan merupakan loyalty program berbasis tier-based, yang mana pelanggan akan mendapatkan miles untuk setiap perjalanan yang dilakukan. Nggak hanya itu, member juga mendapatkan pengalaman yang positif melalui loyalty program ini.
Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari Mileage Plan, seperti kargo gratis untuk tas, prioritas untuk mendapatkan kursi di pesawat, prioritas check-in, hingga perjalanan gratis.
Salah satu brand lokal asal Indonesia yang juga sukses menerapkan loyalty program adalah Fore. Fore sendiri sudah memiliki loyalty program sejak pertama kali mereka eksis, mengingat, konsep awalnya adalah pelanggan bisa memesan kopi melalui aplikasi mereka.
FORE Loyalty Program memberikan poin setiap pembelian yang dilakukan oleh para membernya. Nggak cuma itu, mereka juga memberikan ekstra poin kepada para pelanggan yang melakukan pick-up order.
Poin yang dikumpulkan para member ini nantinya bisa ditukarkan ke produk-produk Fore yang bisa didapatkan secara gratis. Nggak cuma itu, FORE Loyalty Program juga menawarkan berbagai voucher diskon menarik yang bisa diklaim melalui aplikasinya.
Selanjutnya ada Amazon Prime. Amazon Prime ini menjadi salah satu loyalty program yang paling berpengaruh bahkan terhadap perkembangan bisnis dari Amazon itu sendiri.
Dengan membayar biaya tahunan, member bakal mendapatkan akses pengiriman gratis untuk produk-produk di Amazon, ditambah dengan akses ke streaming service mereka, yaitu Amazon Prime.
Dengan gratis ongkos kirim, member Amazon Prime bakal mendapatkan keuntungan yang membuat mereka semakin nyaman untuk berbelanja di Amazon.
Menariknya, sistem pembayaran biaya tahunan ini justru malah mendorong member Amazon Prime untuk membeli lebih banyak produk dari Amazon loh. Soalnya, member Prime bakal merasa mereka mendapatkan privilege yang harus mereka manfaatkan.
Terakhir ada The North Face XPLR Pass. Loyalty program dari The North Face ini menggunakan sistem poin yang nantinya akan dikumpulkan oleh para member.
Setiap pembelian produk The North Face, pelanggan akan mendapatkan poin untuk setiap dollar yang dikeluarkan. Menariknya, ada beberapa keuntungan yang bakal didapatkan oleh member.
Keuntungan tersebut, meliputi early access eksklusif ke produk-produk limited edition dari The North Face, akses ke field testing khusus member untuk produk The North Face, layanan pelanggan yang eksklusif, XPLR Pass gift, hingga berbagai benefit lainnya.
Itu tadi beberapa contoh loyalty program yang sukses sebagai inspirasi untuk bisnismu. Kalau kamu bingung menyusun skema loyalty program yang cocok, kamu bisa banget nih untuk konsultasi gratis di sesi 60 Minutes About Your Brand. Kapan lagi bisa konsultasi gratis sama brand strategist berpengalaman. Booking sesinya di sini!