fbpx

6 Logo Brand Terkenal di Seluruh Dunia dan Maknanya yang Perlu Kamu Ketahui

January 9, 2024

Logo menjadi salah satu “point of contact” pertama antara brand dengan calon customernya. Bisa dibilang, logo ini jadi titik awal brand biar bisa PDKT dengan customernya. Nggak jarang, brand bakal totalitas biar logo mereka bisa berkesan seperti berbagai logo brand terkenal.

Key Takeaways

  • Sebuah logo brand kalau didesain dengan baik, bakal menarik perhatian dan mudah diingat sama audiens.
  • Bikin logo itu nggak mudah, nggak hanya kudu jago desain, tetapi kita juga perlu paham apa makna dan cerita yang ingin kita sampaikan lewat logo tersebut.

Di pasar yang luas, setiap brand selalu mencari cara untuk terlihat menonjol di tengah ketatnya kompetisi dengan kompetitor yang banyak. Nggak jarang, ada brand yang berupaya menonjol dengan menggunakan logo yang khas agar melekat di kepala audiens.

Namun, logo itu nggak sekadar gambar atau visual yang bagus atau asal jadi aja. Suatu logo memiliki makna dan merepresentasikan value dari brand itu sendiri. Nantinya, makna dan value tersebut dikomunikasikan ke audiens agar meninggalkan kesan.

Sama seperti berbagai brand ternama di seluruh dunia, logo ikonik yang mereka gunakan juga memiliki maknanya sendiri. Di artikel ini, kita bakal bahas nih 6 logo brand terkenal di seluruh dunia dan maknanya. Siapa tahu bisa jadi inspirasi saat bikin logo untuk brandmu. Tanpa banyak basa-basi lagi, baca artikel ini sampai habis!

Kenapa Brand Harus Memiliki Logo yang Kuat?

Sebelumnya, kita perlu cari tahu dulu nih kenapa brand harus memiliki logo yang berkesan dan kuat.

Jadi, di awal tadi udah sempet dibocorin dikit kalau logo itu jadi point of contact pertama alias hal pertama yang dilihat oleh audiens saat menemukan brandmu. Sebuah logo brand kalau didesain dengan baik, bakal menarik perhatian dan mudah diingat sama audiens. Ini juga yang bikin logo brand makin menonjol dibandingkan kompetitor.

Beda ceritanya kalau logo brandmu didesain secara asal-asalan atau bahkan nggak bikin logo sama sekali. Audiens bakal lebih cepat lupa sama eksistensi brandmu karena bisnismu nggak punya sesuatu yang khas buat diingat.

Nggak cuma itu, logo juga bisa menjadi salah satu pondasi dalam proses branding suatu bisnis. Percaya apa enggak, penggunaan tipografi, brand color, visual patterns, sampai store experience yang kamu terapkan pasti nggak bakal jauh dari logo brand yang kamu gunakan.

Logo ini juga bakal jadi salah satu hal yang bantu brandmu untuk mengomunikasikan pesan atau value dari bisnismu agar bisa diterima dan sefrekuensi dengan target market.

Jadi, jangan sepelekan logo untuk pertumbuhan bisnismu ya! Kalau kamu bingung cari inspirasinya, habis ini kita bakal kasih tahu logo brand yang terkenal dan maknanya.

Makna dan Cerita dari 6 Logo Brand Terkenal di Dunia

Udah nggak sabar buat nyari tahu apa aja sih makna dan cerita di balik 6 logo brand terkenal yang ikonik? Sekarang kita bahas satu persatu!

Adidas
Sumber: Icon-icons.com

Baru bahas brand pertama, kamu pasti langsung kebayang kan logo brand yang satu ini? Adidas merupakan salah satu brand olahraga tertua di dunia yang punya logo three stripes yang ikonik.

Ternyata, logo three stripes ini udah ada sejak 1967 dan didesain oleh Adi Dassler sejak tahun 1940-an. Nah, logo Adidas yang sekarang kita kenal itu merupakan hasil branding brand tersebut pada dekade 1990-an.

Dengan membuat visual three stripes yang semakin meninggi membentuk sebuah gunung, logo ini ternyata punya maknanya tersendiri lho. Siluet gunung yang terbentuk dalam logo Adidas melambangkan tantangan yang perlu dihadapi dan ditaklukkan untuk mencapai apa yang diinginkan.

McDonald’s
Sumber: pngwing

Semua pasti udah familiar dengan logo dari brand McDonald’s. Tahu nggak sih kalau logo McDonald’s yang sekarang kita kenal, atau Golden Arches, awalnya merupakan bagian dari eksterior restoran di McD di tahun 1952?

Baru kemudian di tahun 1961, Golden Arches tersebut menjadi bagian dari desain logo McD dan bertahan hingga sekarang. 

Pemilihan warnanya merah dalam logo McD melambangkan energi dan antusiasme, sedangkan penggunaan warna kuning melambangkan kebahagiaan. Nggak hanya itu, visual Golden Arches sendiri didesain agar lebih menonjol dan gampang dikenali oleh orang banyak.

Nggak heran kalau logo McD sendiri menjadi salah satu logo yang ikonik dan terkenal, dengan pemilihan visual dan warna yang mudah diingat banyak orang.

Apple
Sumber: Designrush

Apple juga menjadi salah satu logo yang terkenal dan paling mudah dikenali di seluruh dunia. Kalau kamu lihat logo “apel keroak”, pasti otak kalian langsung mengenali kalau itu adalah logo Apple.

Tapi, kalian tahu nggak sih kalau ada banyak teori terkait makna pemilihan logo Apple ini? Ada yang bilang kalau logo ini merupakan bentuk penghormatan kepada Alan Turing, bapak ilmu komputer. Ada juga yang bilang kalau logo ini berasal dari kisah Adam and Eve dengan perumpamaan buah tersebut berasal dari pohon pengetahuan.

Meskipun belum teori yang pasti, tetapi logo ini ternyata punya latar belakang cerita yang simpel. Rob Janoff yang mendesain logo ini bilang kalau gigitan apel dalam logo Apple ini perlu biar orang-orang nggak ketukar mengira ini buah ceri. Simpel banget kan?

Jadi, logo yang simpel pun bisa menjadi terkenal dengan strategi branding yang kuat dan strategi marketing yang tepat.

Coca-Cola
Sumber: Logo Histories

Coca-Cola jadi salah satu brand dengan logo paling terkenal dan ikonik di seluruh dunia. Brand recognition dari Coca-Cola sendiri bahkan sudah melampaui apa yang kita bayangkan karena cukup dari warna atau pattern saja, kita sudah kenal kalau itu brand Coca-Cola.

Jadi, logo Coca-Cola ini menggunakan dua huruf “C” kapital karena dinilai bakal lebih laku saat diiklankan. Nggak cuma itu, unsur warna merah yang ikonik dalam logo Coca-Cola juga dipilih untuk membedakan botol produk Coca-Cola dengan botol minuman beralkohol.

Bisa dibilang, logo Coca-Cola ini merupakan logo brand yang sedikit mengalami perubahan meskipun udah ratusan tahun. Coca-Cola sadar kalau logo ini sudah jadi ciri khas dan sejarah mereka sehingga hanya mengubah sedikit unsur visual yang ada jika diperlukan.

Nike
Sumber: UX Planet

The swoosh, saingannya Adidas ini juga nggak kalah untuk urusan logo paling ikonik. Nike ini punya logo yang sangat ikonik dengan nama Swoosh. Namun, kalian tahu nggak sih kalau logo legendaris ini didesain dengan harga $35 di tahun 1971?

Walau kelihatannya murah, tapi logo ini ternyata punya makna yang mendalam lho. Swoosh ini dinilai representasi yang tepat untuk menggambarkan sayap dari Dewi Kemenangan dari Yunani, Nike. 

Melalui logo ini, Nike membawa pesan yang menginspirasi audiens untuk mencapai apa yang mereka inginkan bersama produk-produk dari Nike.

BTW karena logonya terkenal, berarti desainernya underpaid dong cuma dibayar $35? Tenang saja, desainer logo Nike ini dapat apresiasi kok dari Nike, bahkan dikasih saham sama Nike yang nilainya udah jutaan dollar.

BMW
Sumber: Toni Marino

Logo BMW jadi salah satu logo brand otomotif yang paling mudah dikenali. Meskipun sekilas terlihat simpel, tetapi logo BMW justru punya sejarah dan makna yang menarik.

Skema warna biru dan putih dalam logo BMW itu ternyata merupakan warna bendera dari Bavaria, negara bagian Jerman yang merupakan tempat BMW pertama kali didirikan. Sedangkan, visual lingkaran pada logo BMW tersebut menggambarkan baling-baling pesawat, yang mana merupakan produk awal dari BMW itu sendiri.

Logo ini menjadi salah satu contoh kalau kamu bisa membuat logo yang ikonik dengan lewat sejarah dan asal-usul dari brandmu itu sendiri.

Sekarang Saatnya Brandmu Bikin Logo yang Berkesan dan Bermakna

Setelah melihat 6 logo brand terkenal dan cerita dibaliknya, sekarang giliran kamu untuk bikin logo brand yang berkesan dan mewakili bisnismu. 

Bikin logo itu nggak mudah, nggak hanya kudu jago desain, tetapi kita juga perlu paham apa makna dan cerita yang ingin kita sampaikan lewat logo tersebut. Makanya, bikin logo ini kadang dikesampingkan. Padahal, bikin logo yang berkesan itu penting banget buat pertumbuhan brand.

Kalau kamu bingung bikin logo untuk bisnismu, kamu bisa serahkan urusan desain logo ke layanan Brand Strategy dari Akarmula. Nggak cuma logo, mau visual identity, positioning development, naming and tagline, sampai brand architecture, Akarmula punya semua yang kamu butuhkan untuk pertumbuhan bisnismu.

Kalau kamu ingin cari tahu lebih banyak tentang layanan ini, kamu bisa kon konsultasi secara gratis. Kamu bisa konsultasi gratis bareng Brand Strategist yang ahli dan berpengalaman di sesi 60 Minutes About Your Brand! Booking sesinya sekarang!

Questions to Consider

  • Kalau logonya nggak memiliki makna khusus, apakah tetap bisa naikin brand awareness?
  • Berapa sih budget bikin logo brand yang ideal?
Article written by Herpinando Trisnu

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram