Sekarang, influencer marketing jadi salah satu strategi marketing yang sering diterapkan oleh banyak brand. Tujuannya tentu buat ningkatin brand awareness, dengan manfaatin popularitas si KOL. Makanya banyak brief influencer marketing yang beredar sekarang.
Key Takeaways
Namun yang nggak banyak orang tahu, influencer marketing belum tentu efektif dan menuai hasil yang diinginkan kalau dilakukan secara asal-asalan. Agar itu nggak terjadi sama bisnismu, kamu perlu membuat brief influencer marketing.
Coba deh bayangin kalau kamu nggak bikin brief ini, KOL yang kamu pilih bisa-bisa kebingungan buat ngontenin produk dari brandmu. Bukannya naikin brand awareness, target audience juga bakal ikut kebingungan.
Biar KOL yang kamu pilih bisa mengenal produkmu lebih dalam dan endorse produknya lebih efektif, maka kamu perlu brief influencer marketing. Di artikel ini, kita bakal bahas tentang cara membuat brief influencer marketing untuk bisnismu!
Sebelumnya, kita perlu tahu dulu nih, apa sih sebenarnya influencer brief itu. Jadi, influencer brief itu adalah brief yang bakal memberikan gambaran umum terkait campaign, tujuan, hasil yang diharapkan, dan panduan yang dibutuhkan dalam konten influencer marketing.
Dengan ini, kamu bisa mengomunikasikan kebutuhan kamu dan apa campaign yang brandmu sedang ingin jalankan ke KOL yang potensial. Tentunya, influencer brief bakal memudahkan KOL untuk memahami apa yang ingin dicapai oleh brandmu.
Influencer brief ini juga jadi patokan bagi KOL, tim internal brandmu, dan orang-orang yang terlibat dalam campaign ini, untuk memastikan agar output konten yang dihasilkan sesuai dengan harapan.
Kenapa sih kudu bikin influencer brief? Oke, kita paham kalau mungkin sebagian dari kamu nggak ada waktu buat bikin influencer brief, atau bahkan nganggep kalau brief ini nggak penting-penting amat.
Namun, influencer brief ini penting banget loh untuk menunjang semua campaign yang kamu lakukan nantinya.
Dengan membuat influencer brief, kamu bisa menetapkan dan menjelaskan tujuan dan hasil yang ingin diraih dari influencer marketing, strategi marketing, dan target KPI yang ingin dicapai. Tentunya, ini memudahkan semua pihak untuk memahami rencana dan kebutuhan dari brandmu.
Kemudian, influencer brief ini juga dapat membantu menetapkan standar konten yang diinginkan oleh brand terhadap KOL. Tentunya ini bakal menghemat waktu dan tenaga KOL maupun brand untuk mengurangi adanya kemungkinan revisi.
Lalu, apa aja sih manfaat dari bikin influencer brief? Mari kita ulas satu-satu!
Influencer brief ini ternyata bisa jadi wadah bagi KOL untuk mengenal brandmu loh. Seorang influencer tentunya bakal bisa ngontenin materi influencer marketing dengan efektif kalau mereka mengenal brandmu terlebih dahulu.
Biasanya, brief akan memuat gambaran umum terkait bisnis dan brandmu, mulai dari apa yang kamu lakukan, value yang kamu percayai, pembeda antara bisnismu dengan kompetitor, hingga aspek-aspek lain yang membantu si KOL dalam membuat konten.
Dengan adanya brief, baik KOL, kamu, maupun pihak-pihak yang terlibat dapat melakukan sesi brainstorming untuk meningkatkan efektivitas influencer marketing bisnismu.
Di sini juga, KOL bisa bertanya-tanya lebih detail tentang bisnismu, produk yang kamu tawarkan, atau konsep influencer marketing yang brandmu inginkan. Kamu juga bisa bertanya-tanya ke mereka terkait spesifikasi konten dan konsep yang mereka tawarkan.
Tentunya dengan adanya influencer brief, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga. Karena dengan adanya brief, semua kebutuhan yang kamu perlukan dan yang KOL harus lakukan sudah tercantum.
Ini bakal ngurangin adanya revisi-revisi yang bakal memakan waktu dan bikin timeline campaign jadi berantakan.
Sekarang, kita bakal ngasih tahu nih gimana caranya bikin influencer brief yang efektif.
Pertama, kamu perlu membuat gambaran umum tentang brand dan bisnismu atau company overview. Ini bisa mulai dari siapa sih brandmu itu, apa yang kamu tawarkan, dan apa yang membuat brandmu menarik serta berbeda.
Nggak cuma itu, di sini juga kamu akan menjabarkan value yang dipercaya oleh brandmu dan brand identity yang bisnismu miliki. Dari sini, nantinya KOL bakal mendapatkan gambaran nih kira-kira bakal ngonten seperti apa.
Kamu juga bisa mencantumkan campaign-campaign sebelumnya atau penerapan influencer marketing yang sudah brandmu lakukan. Ini bisa jadi gambaran buat para KOL jadi paham kesan dan tone of voice dari brandmu seperti apa.
Selanjutnya, kita bikin campaign overview. Membuat campaign overview ini penting karena dari sini, KOL bakal tahu apa tujuan dari campaign dan apa yang harus KOL tersebut lakukan.
Biasanya, campaign overview ini berisi beberapa hal, seperti:
Setelah itu, kita masuk nih ke panduan tentang output konten dari KOL tersebut. Biasanya di sini kita bakal bahas tentang konten seperti apa yang akan diproduksi oleh KOL tersebut.
Memang saat kita menjalankan campaign influencer marketing, kita bakal mempercayakan si KOL untuk menggunakan kreativitasnya dalam membuat konten. Namun, panduan tetap dibutuhkan untuk menjamin konten yang diproduksi sejalan dengan apa yang kamu inginkan.
Soalnya, kehadiran brand di berbagai media itu juga harus tetap konsisten agar makna yang muncul tetap sama. Maka dari itu, panduan ini yang bakal jadi landasan konten si KOL agar tetap konsisten saat menjalankan campaign.
Biasanya, di sini kamu akan menulis format konten, deadline dari konten tersebut, deskripsi singkat tentang konten yang diharapkan, referensi, bahkan caption seperti key message dan hashtag.
Itu tadi penjelasan tentang brief influencer marketing dan cara membuatnya yang bisa memudahkan kamu dalam menjalankan campaign.
Membuat campaign influencer marketing yang efektif banget emang nggak gampang. Oleh karena itu, kamu bisa banget konsultasi di sesi 60 Minutes About Your Brand. Di sesi ini, kamu bakal sharing dan mendapatkan insight dari brand strategist Akarmula buat ngebantu kamu mencari apa strategi influencer marketing yang tepat untuk bisnismu.
Tenang aja, sesi selama 60 menit ini GRATIS dan bisa kamu booking dengan mudah sehingga nggak bikin budget membengkak. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk booking sesinya di sini!