fbpx

Rekomendasi Buku Branding yang Isinya Daging untuk Kamu Belajar Branding

July 2, 2024

Kamu pemilik bisnis atau pekerja di bidang kreatif, pasti sadar kalau branding itu penting banget buat dilakukan sama setiap bisnis. Cuma, branding itu butuh dipelajari. Makanya kamu perlu untuk membaca beberapa buku branding untuk dipelajari.

Key Takeaways

  • Ada banyak buku branding yang bisa kamu baca untuk mendalami dunia branding.
  • Tentunya, beberapa buku branding yang direkomendasikan punya fokusnya masing-masing.

Tapi sekarang udah banyak banget nih buku branding yang beredar di pasaran. Tentunya sekarang kamu jadi bingung dong mau mulai baca dari yang mana dulu.

Biar kamu nggak kebingungan milih bukunya, di artikel ini Akarmula bakal ngasih tahu kamu rekomendasi buku branding dari Akarmula yang isinya full daging. Sudah siap menyantap ilmu branding? Let’s go!

Rekomendasi Buku Branding dari Akarmula yang Bisa Kamu Baca

Building a Story Brand: Clarify Your Message So Customers Will Listen

Rekomendasi buku branding pertama dari tim Akarmula adalah buku “Building a Brand Story Brand: Clarify Your Message so Customers Will Listen” dari Donald Miller. Buku ini patut untuk kamu baca kalau kamu ingin brandmu bisa nyambung dengan audience. 

Lewat brand story yang nggak cuma menarik tetapi juga jelas dan dapat menyentuh hati audience, brandmu bisa menjalin hubungan dengan target audience.

Buku ini bakal ngebahas secara komprehensif gimana caranya brand bisa menyampaikan pesannya dengan baik dan jelas. Nggak cuma itu, buku ini juga bakal ngasih tahu apa aja yang perlu brand lakukan untuk berinteraksi dengan konsumen hingga mendatangkan conversion lewat storytelling.

Maka dari itu, Akarmula anggap buku ini penting banget kalau brandmu ingin membangun komunikasi yang efektif dengan target audience.

Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team

Kalau tadi kita bahas soal brand story, sekarang kita bakal bahas membangun brand dan brand identity lewat buku “Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team” dari Alina Wheeler dan Debbie Millman.

Buku ini bakal memandu kamu tentang membangun brand, mulai dari riset, desain, sampai memanajemen brand. 

Menariknya lagi, dalam buku ini juga terdapat lebih dari 700 ilustrasi yang bakal ngebantu kamu untuk memahami aspek visual dari branding

Bagi Akarmula, buku ini lumayan komplit untuk kmau yang ingin belajar branding dan membangun brand. Bisa dibilang ini salah satu buku panduan yang wajib untuk kamu baca.

Identity Designed: The Definitive Guide to Visual Branding 

Kalau buku yang ini bakal fokus ke desain brand identity. Buku dari David Airey ini bakal ngebahas tentang desain brand identity.

Nggak cuma bahas soal desain, buku ini bakal ngasih berbagai contoh dari visual brand identity terbaik dari studio-studio papan atas di seluruh dunia. Selain itu, bakal ada insight juga dari contoh-contoh tersebut sehingga kamu bisa memahami apa artinya visual branding.

Di dalam buku ini juga bakal ada pendekatan untuk riset, membangun ide, mengimplementasikan style guide, sampai gimana caranya agar visual branding itu bisa awet.

Buku ini cocok banget buat desainer, mahasiswa desain, agency, sampai brand owner yang ingin paham lebih dalam tentang visual branding.

Creating a Brand Identity: A Guide for Designers: (Graphic Design Books, Logo Design, Marketing) 

Buku yang ditulis oleh Catharine Slade-Brooking ini bisa jadi panduan kamu untuk menciptakan branding yang sukses dan efektif, karena penulisnya sendiri terlibat dalam proses branding yang bakal dibahas.

Bukunya bakal membahas tentang berbagai pembahasan yang esensial, yaitu caranya menemukan audience yang tepat, riset kompetitor, membangun brand strategy, berkomunikasi dengan audience, sampe mendesain logo dan mengubah brand identity yang menarik bagi target audience.

Biar makin mudah dipahami, buku ini juga menyajikan studi kasus dan diagram biar kamu dapat paham materinya lebih baik lagi.

Jadi, buku ini memang cocok banget buat yang pengin belajar membangun brand dengan lebih mendalam lagi.

Positioning: The Battle for Your Mind

Sekarang kita bakal bahas buku buat kamu yang lagi bingung mikirin brand positioning.

Buku yang ditulis sama Al Ries dan Jack Trout ini bakal mengulas tentang konsep dari positioning dan perannya dalam membangun brand yang efektif.

Dengan menentukan brand positioning yang tepat, brand dapat menciptakan ciri khasnya yang dapat memengaruhi keputusan pembelian calon customer.

Buku ini berisi berbagai insight yang menarik terkait positioning, sampai membahas studi kasus dari berbagai brand yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu, buku ini cocok buat pemilik bisnis yang ingin brandnya bisa nyambung dengan target audience.

Hello, My Name Is Awesome: How to Create Brand Names That Stick

Tahu nggak sih kalau memilih dan menentukan nama brand itu nggak bisa sembarangan? Akarmula pernah bahas gimana caranya menentukan nama brand yang tepat untuk bisnismu.

Beberapa pembahasan Akarmula terkait dengan nama brand juga terinspirasi dari buku tulisan Alexandra Watkins yang satu ini. Kabar baiknya lagi, buku ini merangkum proses menciptakan nama brand yang berkesan.

Di sini, kamu bisa nangkep nih apa sih nama brand yang berkesan itu dan gimana, lalu bagaimana caranya menentukan nama brand yang mudah diingat dan efektif tanpa memerlukan background kreatif.

The Brand Gap: How to Bridge the Distance Between Business Strategy and Design 

Kalau buku yang satu ini agak berbeda dibanding buku lainnya. Buku ini bakal ngebahas gimana caranya menghubungkan aspek strategis dan aspek kreatif dalam membangun sebuah brand biar relevan dan bermakna di hati audience.

Di dalam buku ini, kamu bakal dikasih tahu gimana proses branding dapat memengaruhi kompetitor, pentingnya kolaborasi dalam membangun brand, dan pengaruh desain terhadap customer experience, sampai gimana caranya menemukan metode yang tepat dengan budget yang efektif.

Buku ini cocok banget kalau kamu ingin gali-gali insight lebih dalam soal branding.

The 22 Immutable Laws of Branding

Ini salah satu buku branding yang sering direkomendasikan oleh banyak orang dan sekarang Akarmula bakal rekomendasiin ke kamu.

Di buku ini, kamu bakal menemukan cerita dari brand-brand besar yang menceritakan perjalanan brand mereka. Bahkan, buku ini juga nge-spill strategi unik dari brand besar tersebut untuk membentuk brand mereka agar semakin sukses.

Walaupun ini buku lama, tetapi isinya tetap relevan karena prinsip-prinsip branding yang ada di buku ini masih bisa kamu terapkan hingga saat ini. Maka dari itu, buku ini cocok banget buat yang lagi bikin strategi untuk brand.

Branding: In Five and a Half Steps

Terakhir ada buku “Branding: In Five and a Half Steps” yang ditulis oleh Michael Johnson. Buku ini bakal ngejelasin seluruh proses branding dari awal sampai akhir dengan cara yang apik.

Mulai dari bagaimana brand-brand besar membuat logo dan tagline yang impactful, sampai strategi brand yang efektif.

Jadi lebih menarik lagi karena buku ini punya ribuan ilustrasi dan template yang bisa kamu pelajari. Cocok banget buat yang lagi ingin membangun brand yang kuat.

Itu tadi beberapa rekomendasi buku untuk branding dari Akarmula. Sama seperti proses branding, mempelajari branding sendiri juga merupakan proses yang berkelanjutan. 

Buku-buku branding tadi cocok banget buat yang ingin memperdalam dunia branding atau bahkan pengin gali insight buat bangun brandmu sendiri.

Questions to Consider

  • Konteks buku branding ini bisa nggak sih buat mempelajari marketing juga?
  • Gimana cara kita menyeleksi isi dari buku tersebut yang sesuai dengan kebutuhan brand kita?
Article written by Herpinando Trisnu

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram