fbpx

Rekomendasi Buku Tentang Marketing dari Akarmula yang Bisa Kamu Pelajari

July 9, 2024

Kemarin kita sudah bahas rekomendasi buku branding, sekarang, kita bakal kasih rekomendasi buku tentang marketing untuk kamu. Soalnya, branding nggak lengkap kalo nggak diiringi sama marketing yang efektif.

Key Takeaways

  • Ada berbagai buku marketing yang kami rekomendasikan untuk kamu.
  • Sebagian dari buku marketing yang direkomendasikan bakal beririsan dengan branding juga.

Dunia marketing ini luas banget. Tentunya, ini bakal bikin bingung buat mulai dari mana. Apalagi, sekarang marketing juga sering berevolusi dengan dinamika industri saat ini.

Buat kamu yang pengin mulai belajar marketing, tenang aja. Di artikel kali ini, Akarmula bakal ngasih tahu rekomendasi buku tentang marketing yang bisa kamu jadikan bacaan untuk belajar dunia marketing. Jadi, baca artikel ini sampai kelar!

Rekomendasi Buku Tentang Marketing

Positioning: The Battle for Your Mind

Judul pertama yang Akarmula bakal rekomendasiin adalah buku dari Al Ries dan Jack Trout yang berjudul “Positioning: The Battle for Your Mind”. Buku ini menjadi salah satu buku yang Akarmula rekomendasikan di postingan buku branding. Ternyata, buku ini juga jadi buku marketing yang jitu juga loh.

Bisa dibilang, ini salah satu buku legendaris di dunia marketing. Intinya, buku ini membahas tentang positioning dalam perspektif customer. Di buku ini disebutkan kalau positioning itu nggak cuma apa yang brand lakukan, tapi juga persepsi pelanggan terhadap brand tersebut.

Di sisi lain, mengubah persepsi pelanggan tentang posisi suatu brand itu juga sulit. Maka dari itu, brand perlu punya diferensiasi dan USP yang jelas tentang brandnya.

Buku ini cocok banget buat kamu yang pengin memperdalam tentang brand positioning dan efeknya dalam marketing.

Conversion Optimization

Buku kedua adalah buku “Conversion Optimization” yang ditulis sama Khalid Saleh dan Ayat Shukairy. Buku ini cocok buat yang ingin belajar ningkatin conversion lewat digital marketing.

Di buku ini, penulisnya bakal ngejelasin langkah-langkah mendatangkan conversion, dari menarik calon pelanggan sampai akhirnya closing. Ditambah, buku ini juga bakal ngasih berbagai strategi penjualan yang ampuh sesuai target audience dari bisnismu.

Bisa dibilang, buku ini bakal ngejelasin semua yang perlu kamu ketahui tentang gimana caranya mendatangkan conversion tanpa harus menjadi lebay. Nggak heran kalau buku ini kami rekomendasikan untuk kamu.

Content Marketing

Selanjutnya ada buku “Content Marketing” dari Joe Pulizzi yang merupakan pendiri Content Marketing Institute.

Udah kerasa kan bakal seberapa daging buku yang satu ini? Di sini, om Pulizzi bakal ngasih berbagai wejangan ampuh tentang gimana cara membuat content marketing yang efektif.

Segala yang tentang content marketing pokoknya dikuliti total, mulai dari membangun storytelling yang menaik audience, membuat content yang bikin audience terpukau, sampai content yang bakal memantapkan posisi brandmu di dalam industri.

Nggak cuma itu, buku ini juga bakal membahas tentang distribusi konten dan channel yang perlu kamu gunakan, sampai cara mengukur keberhasilan strategi content marketing.

Marketing Management

Buku yang satu ini cukup legendaris karena sering dipakai sebagai buku acuan di berbagai institusi pendidikan.

Ditulis oleh Philip Kotler, buku ini bakal ngebahas berbagai topik yang penting dalam dunia marketing, mulai dari membuat membuat rencana strategi marketing, membangun dan mengelola brand, sampai membahas customer behavior serta segmentasi pasar.

Pokoknya lengkap banget, apalagi buku ini juga mudah banget buat diaplikasikan sama strategi marketing dari brandmu. Bisa dibilang, ini buku yang cocok buat yang baru mulai belajar dunia marketing.

Ogilvy on Advertising

Siapa sih yang gak kenal dengan nama “Ogilvy”? Dengan berbagai campaign iklan dan copy yang ikonik, sekarang kamu bisa belajar rahasia dibalik berbagai iklan tersebut melalui buku ini.

Ditulis langsung sama David Ogilvy, buku ini bakal membahas dengan lengkap pentingnya membuat iklan dengan melakukan riset yang mendalam, sampai akhirnya menghasilkan copy yang menarik dan berkualitas.

Bahkan, buku ini juga ngebahas bagaimana aspek visual dapat mendukung efektivitas iklan sampai pentingnya selalu eksperimen menggunakan pendekatan yang berbeda.

Kabar baiknya, di buku ini Ogilvy juga memberikan contoh penerapannya lewat studi kasus dan ilustrasi saat menjelaskan berbagai hal dibukunya.

Buku ini cocok banget buat copywriter, marketer, sampai brand owner.

Play Bigger

Ditulis oleh Al Ramadan, Dave Peterson, Christopher Lochhead, dan Kevin Maney, buku ini bakal ngebahas dengan lengkap bagaimana caranya mendominasi pasar dengan membuat niche baru.

Buku ini menjelaskan konsep “category design” yang berarti menciptakan kategori baru di pasar untuk bisnismu daripada harus susah payah bersaing dengan kompetitor.

Para penulisnya bakal saling berbagi nih gimana brand-brand besar yang sudah lama kita kenal ini bisa menjadi market leader dengan menciptakan pasar dan niche baru.

Nggak cuma itu, buku ini juga bakal ngasih framework buat bisnis biar bisa mengidentifikasi keunikan mereka, membentuk niche baru, hingga membangun pasar yang baru.

The Brand Gap

Selanjutnya ada buku “The Brand Gap” yang ditulis sama Marty Neumeier. Buku ini ngebahas tentang sulitnya membangun “jembatan” antara brand strategy dengan creative design dan gimana caranya menghadapi kesulitan tersebut.

Nggak cuma itu, buku ini juga bakal ngebahas tentang berbagai hal esensial dalam branding, mulai dari inovasi, diferensiasi, kolaborasi, validasi, hingga kultivasi. Kelima hal tersebut yang nantinya bakal penting banget buat strategi marketing agar efektif.

Buku ini juga bakal membahas bagaimana brand harus bisa beradaptasi dengan zaman dan mampu berkomunikasi dengan efektif terhadap para audience mereka.

The Brand Flip

Kemudian ada buku yang juga ditulis oleh Marty Neumeier. Buku ini ngebahas tentang tantangan branding dan marketing saat ini karena semuanya udah dikendalikan sama konsumen lewat media sosial.

Bakal jadi menantang nih buat brand, makanya di buku ini juga om Neumeier bikin pernyataan kalau kita perlu pendekatan baru buat meningkatkan penjualan dan membuat brand kita semakin dikenal.

Di buku ini bakal ada banyak pernyataan yang cukup kontroversial, mulai dari branding itu udah bukan cuma ranahnya marketing, gimana brand model tradisional udah nggak efektif, sampai brand yang harus bisa memahami kebutuhan konsumen dan memenuhi valuenya.

Purple Cow

Selanjutnya ada buku dari Seth Godin yang bakal fokus ngebahas gimana caranya bikin brand dan bisnismu menonjol di tengah pasar.

Di buku ini, Seth Godin mengulas kalau brand itu bisa membuat sesuatu yang bikin brand itu makin menonjol. Mulai dari memahami diferensiasi, pentingnya ngumpulin berbagai ide buat ngembangun produk, sampai gimana caranya brand harus berani untuk berbeda dan keluar dari zona nyaman.

Zag, The #1 Strategy of High-Performance Brands

Terakhir ada salah satu buku legendaris yang ditulis juga sama om Marty Neumeier. Buku ini cocok banget buat yang butuh bacaan pendek nan cepat tapi isinya full daging.

Di sini, kamu bakal belajar gimana caranya menonjol di tengah pasar yang persaingannya sudah ketat banget. Apalagi, di buku ini juga bakal mempelajari tentang model brand marketing yang menekankan aspek fokus, diferensiasi, tren, dan komunikasi.

Nggak cuma itu, buku ini juga memiliki framework yang bisa kamu gunakan saat membangun diferensiasi bagi brand. Makanya bisa dibilang ini salah satu buku tentang marketing (dan branding) yang wajib untuk kamu baca.

Itu tadi berbagai rekomendasi buku tentang marketing dari Akarmula. Bagaimana, sudah siap melahap semua daging-nya dari buku tersebut?

Questions to Consider

  • Apakah contoh-contoh yang diberikan dalam buku-buku tersebut bisa kita aplikasikan sepenuhnya?
  • Kalau Apakah buku tersebut bisa kita jadikan acuan dalam memadukan branding dan marketing?
Article written by Herpinando Trisnu

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram