fbpx

Bagaimana Cara Membaca Insights Instagram untuk Kebutuhan Kontenmu?

December 12, 2023

Saat ngurus akun Instagram untuk bisnis, ada beberapa metriks yang perlu kamu perhatikan untuk melihat bagaimana efektivitas strategi media sosial via Instagram Insights. Namun, pernah nggak kamu mencari tahu cara membaca insights Instagram?

Key Takeaways

  • Instagram Insights itu fitur yang dimiliki Instagram buat pengguna Business Account Instagram, untuk melihat data analitik yang berkaitan dengan akun dan postingan mereka.
  • Ada 4 metrik utama dalam Instagram Insights, yaitu Awareness, Engagement, Followers, dan metrik lainnya.

Ada beberapa anggapan kalau kesuksesan dan efektivitas strategi maupun konten yang udah kita buat itu bisa dilihat dari jumlah followers, likes, dan comments. Namun, apakah benar begitu? 

Faktanya, ada banyak metrik lain yang perlu kamu ukur untuk melihat apakah strategi dari brandmu sudah berhasil.

Biasanya, metrik yang ada di Instagram bisa kamu lihat sekaligus dalam Instagram Insights. Lalu, gimana cara membaca insights instagram? 

Di artikel ini kita bakal mengulas bagaimana cara membaca insights instagram untuk kebutuhan kontenmu, so make sure untuk baca artikel ini sampai habis!

Apa Sih Instagram Insights Itu?

Sebelum kita menyelam lebih dalam tentang Instagram Insights, sebenarnya, Instagram Insights itu apa sih?

Singkatnya, Instagram Insights itu fitur yang dimiliki Instagram buat pengguna Business Account Instagram, untuk melihat data analitik yang berkaitan dengan akun dan postingan mereka.

Dari data ini, nantinya kamu bakal bisa mengambil insights dari data-data metrik yang berkaitan dengan performa akun Instagram dari bisnismu. Metriknya banyak nih, mulai dari sekadar jumlah like postingan, sampai yang spesifik banget seperti jam berapa audiens sering buka Instagram.

Mengambil data dari metrik Instagram Insights itu ternyata bakal bantu kamu buat menyusun strategi konten Instagram yang efektif nih untuk bisnismu. Soalnya, kamu bisa jadi lebih paham konten seperti apa sih yang target audiensmu paling suka.

Ibaratnya gini, kamu jadi pembicara buat talk show atau seminar bisnis, saat mengisi seminar untuk audiens mahasiswa dengan audiens para eksekutif perusahaan, pasti berbeda dong cara pembawaan dan materinya? 

Maka dari itu, kamu perlu gali insights untuk tahu topik apa yang target marketmu bakal engage sama seminarmu? Beda target audiens tentu beda preferensi dan apa yang mereka suka. Kira-kira, begitu analogi yang gampang kebayang kalau ngomongin Instagram Insights untuk bisnismu.

Kenapa Instagram Insights itu Penting Buat Brand?

Tadi kita udah sedikit jelasin tentang Instagram Insights. Jadi, Instagram Insights bakal ngasih banyak insights tentang akun Instagram dari bisnismu. Namun, apakah Instagram Insights cuma punya manfaat itu aja? 

Ternyata, ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu petik dari Instagram Insights. Apa saja manfaatnya? Yuk kita kupas satu persatu.

Brand jadi Tahu Apa Saja Keinginan Target Audiens

Bayangin, algoritma Instagram itu sering berubah-ubah, ini yang bikin preferensi audiens juga ikut berubah. Oleh karena itu, memahami konten apa yang bakal cocok sama audiens itu penting, dimulai dari data analitik akunmu.

Dari situ, kamu bisa lihat apa aja konten yang punya performa terbaik dan mana konten yang ternyata sepi. Kamu juga bisa tahu mana aja konten yang mengundang banyak engagement, seperti like, konten, bahkan share.

Kalau sudah ketemu polanya, brand jadi bisa memanfaatkan data tersebut buat bikin konten sesuai dengan keinginan dan preferensi dari target audiens. Bahkan, brandmu bisa bikin konten yang lebih akrab dengan audiens kalau bisa dapat insights dari demografi audiens.

Memahami Performa Tren di Instagram

Di awal kita udah nyebut nih kalau algoritma Instagram suka berubah-ubah, begitu juga dengan apa yang audiens suka. Lewat Instagram Insights, kamu juga bisa tahu apa aja tren yang lagi naik atau udah gak laku lagi dalam strategi kontenmu.

Contohnya kaya gini, dulu postingan slide di Instagram bisnismu rame, eh lama-lama konten Reels dari akunmu justru engagement-nya makin tinggi dibandingkan postingan yang slide. Jadi bisa dilihat kalau tren dari akun Instagram bisnismu mulai bergeser ke Reels.

Tren nggak cuma berkutat pada jenis konten aja, kamu juga bisa lihat dari apakah semakin sering kamu ngonten, audiens bakal makin engage? Atau kalau kontenmu diposting setiap jam 1 siang, hasilnya bakal berbeda dengan konten yang diposting jam 5 sore?

Setiap data ini nantinya bakal ngasih tahu apa pendekatan yang tepat buat memanfaatkan tren yang terjadi di akun Instagram bisnismu.

Analisis Persaingan di Instagram

Selain melihat analisis dari akun Instagram bisnismu sendiri, kamu ternyata juga bisa loh melihat gimana kompetisi yang kamu hadapi di Instagram. 

Instagram itu kolam yang luas dan pasti kompetitormu juga menggunakan Instagram sebagai salah satu channel mereka. Maka dari itu, kamu juga perlu memantau mereka untuk tahu gimana sih performa brand kompetitor di Instagram.

Untungnya, kamu bisa tahu kisi-kisi gimana performa kompetitor lewat Instagram Insights. Karena kamu tahu apa aja yang kira-kira audiens inginkan dari setiap data yang ada, kamu juga bisa sambil memastikan apakah data tersebut valid dengan melihat gimana performa konten kompetitor.

Kalau jenis kontenmu dan konten kompetitor serupa dan sama-sama menurun performanya, kamu bisa langsung atur strategi agar selangkah lebih depan dibandingkan kompetitor. Begitupun kalau ternyata jenis konten yang dimiliki kompetitor itu lebih rame dibandingkan kontenmu, kamu bisa atur strategi untuk menyaingi konten tersebut.

Gimana Caranya Mengakses Instagram Insights?

Terus, gimana sih caranya mengakses Instagram Insights? Kita kasih langkah-langkahnya nih.

  1. Buka profil Instagram bisnismu dulu. Namun, pastikan dulu kalau akun Instagram yang kamu miliki sudah menjadi Business Account.
  2. Akses settings page di Instagram. Caranya, setelah masuk ke profil Instagram bisnismu, klik icon hamburger, atau strip tiga di pojok kanan atas.
  3. Kemudian, klik Insights yang ada di di pilihan menu.
  4. Selamat! Kamu berhasil masuk ke menu Instagram Insights.

Apa Aja Metrik yang Diukur dari Insights Instagram?

Sekarang kita udah masuk Instagram Insights, ada banyak banget nih metrik-metrik di dalamnya. Terus, cara membaca Insights Instagram gimana sih? 

Biar kamu nggak kebingungan, kita kasih tahu apa aja sih metrik yang diukur dan gimana cara membaca Insights Instagram.

Awareness
  1. Reach: Reach ini nunjukkin ada berapa banyak orang yang melihat kontenmu. Oleh karena itu, angka yang ditunjukkan adalah berapa banyak akun yang berhasil dijangkau oleh kontenmu
  2. Impressions: Metrik ini nujukkin berapa kali kontenmu dilihat oleh audiens. Biasanya, reach dan impressions ini suka disamakan padahal keduanya berbeda. Kalau reach tadi berfokus pada berapa banyak audiens yang bisa kamu jangkau, sementara impressions itu berfokus jumlah total berapa kali kontenmu ditampilkan di feed.
  3. Top Content: Kalau yang ini nunjukkin konten mana aja yang punya eksposur tinggi. Metrik yang satu ini penting banget buat kamu perhatikan untuk mencari tahu konten seperti apa yang target audiens suka.
  4. Content You’ve Shared: Kalau metrik yang ini nunjukkin ada berapa banyak konten yang sudah kamu posting, baik Instagram story, postingan feed, sampai Reels.
  5. Plays: Ini metrik buat nunjukkin berapa kali konten video atau Reels di akun Instagram bisnismu diputar, meliputi video yang diputar secara otomatis maupun saat audiens memutar videonya.
  6. Instagram Stories Views: Kalau yang ini tentunya melihat ada berapa orang yang melihat postingan IG story dari akun milik bisnismu. Biasanya, di metrik ini juga ada metrik replies, impressions, dan navigation di tiap slide story.
  7. Watch Through Rate/Completion Rate: Kalau yang ini bakal kepakai banget untuk konten Reels. Metrik ini nunjukkin berapa persen audiens yang nonton konten video Instagram bisnismu dari awal sampai akhir.
  8. Accounts Reached: Metrik ini menunjukkan berapa jumlah akun yang melihat kontenmu, setidaknya sekali. Metrik ini juga memiliki info demografi audiens, mulai dari gender, rentang usia, hingga dari kota atau negara mana yang engage dengan kontenmu.
Engagement
  1. Engagement Rate: Metrik ini nunjukkin berapa persen audiens yang berinteraksi dengan kontenmu, mau itu like, komentar, sampai share dan save postingan.
  2. Accounts Engaged: Kalau tadi kan menunjukkan berapa persen. Kalau di metrik ini, mereka nunjukkin ada berapa akun yang berinteraksi dengan kontenmu, baik itu followers maupun non-followers. Metrik ini juga memiliki info demografi audiens, mulai dari gender, dari kota mana yang engage dengan kontenmu, bahkan rentang umur.
  3. Content Interactions: Ini nunjukkin setiap interaksi engagement dari audiens terhadap kontenmu, mulai dari like, komentar, save, share, bahkan story reply.
  4. Saves: Berapa banyak kontenmu di-save oleh audiens.
  5. Shares: Berapa banyak pengguna Instagram yang share kontenmu.
  6. Live Interactions: Kalau akun Instagram bisnismu suka mengadakan live IG, metrik ini bakal sering kamu perhatikan karena metrik ini nunjukkin seberapa banyak komen dan share dari live IG yang kamu adakan.
  7. Peak Concurrent Viewers: Metrik ini nunjukkin kapan live Instagram dari bisnismu mencapai jumlah penonton tertinggi pada saat itu.
  8. Accounts Reached During Broadcast: Ini nunjukkin jumlah akun Instagram yang mengunjungi live IG dari akunmu.
Followers
  1. Total Followers: Ini menunjukkan ada berapa banyak orang yang follow akunmu dalam rentang waktu tertentu. Biasanya, data ini nunjukkin pertumbuhan follower, dari mana followermu berasal, rentang usia, hingga kapan mereka aktif menggunakan Instagram.
  2. Audience Growth Over time: Metrik ini menunjukkan seberapa banyak follower yang kamu dapatkan atau bahkan jumlah orang yang unfollow akun bisnismu.
  3. Audience Demographics: Kalau yang ini nunjukkin demografi dari audiens akunmu, mulai dari usia, gender, lokasi, hingga berbagai data lainnya. Ini penting buat memahami siapa sih audiensmu dan bagaimana kamu menyesuaikan konten agar cocok dengan audiens.
Metrik Lainnya
  1. Traffic: Jumlah audiens Instagram yang mengunjungi website bisnismu.
  2. Instagram Ad Analytics: Metrik ini nunjukkin data performa dari ads Instagram bisnismu, termasuk ads manager. Ada banyak nih yang dilihat, mulai dari performa campaign, demografi, campaign spend, hingga cost per result.
  3. Most Active Times: Metrik ini ngasih tahu secara spesifik jam dan hari kapan followermu aktif di Instagram. Ini penting banget kamu perhatikan agar bisnismu bisa posting konten di waktu yang tepat sehingga audiens bisa melihat kontenmu.
  4. Date Range: Kalau yang ini sebenarnya buat ngebantu kamu lebih mudah dalam membaca insights Instagram. Kamu bisa pilih insights yang ingin kamu gali itu insights selama beberapa terakhir, seminggu terakhir, bahkan selama 90 hari ke belakang.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang bagaimana cara membaca insights Instagram. Memang cukup banyak, tetapi setidaknya kamu sekarang udah bisa meraba-raba apa aja yang perlu dibaca dari Instagram Insights sehingga bisa lebih matang bikin strategi konten Instagram yang gacor buat bisnismu. Selanjutnya, adalah waktu yang tepat untuk planning strategy. Kalau kamu bingung menyusunnya, kamu bisa percayakan urusan content planning dan strategy ke layanan Brand Growth dari Akarmula.

Di Akarmula, kami percaya kalau brandmu punya potensi besar untuk sukses di ranah digital. Oleh karena itu, Akarmula siap membantu bisnismu untuk tumbuh mencapai potensi tersebut agar bisa dirasakan oleh brandmu.

Mulai dari social media handling, brand consulting, 360 Digital Marketing Meta Ads, Search Engine Optimization sampai Search Engine Marketing, apapun yang kamu butuhkan untuk menumbuhkan bisnismu, kami siap membantumu. Ingin cari tahu lebih lanjut? Yuk konsultasi gratis dulu di sini!

Article written by Herpinando Trisnu

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram