Sebagai pemilik bisnis, kamu pasti pengin banget bisnismu dikenal sama banyak orang. Semakin banyak orang yang mengenal bisnismu, semakin banyak juga bakal beli produkmu. Oleh karena itu, kamu perlu konten brand awareness yang bisa naikin eksistensimu.
Key Takeaways
Tapi, brand awareness itu apa sih? Jadi, brand awareness itu seberapa familiar audiens mengenali brandmu dan bagaimana mereka mengenalinya. Biasanya, brand yang punya brand awareness tinggi itu termasuk brand yang populer atau viral.
Maka dari itu, penting untuk bisnismu naikin brand awareness agar makin dikenal banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan bikin konten brand awareness.
Lalu, gimana caranya bikin konten brand awareness? Di artikel ini kita bakal bahas cara membuat konten brand awareness yang jitu buat bisnismu. Jadi, baca artikel ini sampai habis!
Sebelumnya, kenapa sih naikin brand awareness itu penting? Jadi, ada beberapa manfaat yang bisa bisnismu rasakan dari meningkatnya brand awareness.
Pertama, brand awareness itu bakal bantu ningkatin kepercayaan untuk bisnismu. Sekarang, persaingan makin ketat, customer juga punya banyak pilihan. Bisa jadi, customer bakal lebih milih kompetitor dibandingkan brandmu.
Dengan brand awareness, brandmu nggak hanya muncul menonjol di pasaran, tetapi juga bikin brandmu punya kepribadian yang bisa ngebangun hubungan antara customer dengan bisnismu.
Kedua, audiens bakal dengan mudah nih mengasosiasikan sesuatu dengan brand kita saat brand awareness kita tinggi. Karena brand itu makna yang ada di benak kita terhadap sebuah objek saat kita berinteraksi.
Contohnya gini, siapa yang dulu orang tuanya nyebut motor sebagai ”Honda”? Atau “Hansaplast” untuk plester? Atau kamu nyebut “Betadine” buat ngobatin luka? Itu semua hasil dari brand awareness yang tinggi.
Tentunya, ini secara nggak langsung bikin kita teringat dengan suatu brand dan produknya sebagai solusi atas permasalahan kita.
Terakhir, brand awareness ini bakal ngebangun brand equity, apa lagi tuh? Jadi, brand equity itu value yang kita asosiasikan pada sebuah brand. Ketika persepsi mayoritas orang positif, artinya brand equity-nya baik.
Gimana caranya membangun brand equity yang positif? Caranya dengan membangun brand awareness dan konsisten memberikan pengalaman positif bagi customer saat berinteraksi dengan brandmu.
Saat customer sudah memiliki persepsi yang positif terhadap brandmu, mereka bakal langsung mengenali brandmu saat berinteraksi. Bahkan, customer juga berani merekomendasikan brandmu ke audiens lain.
Ningkatin brand awareness emang cukup menantang, tapi bukan berarti bakal impossible. Kamu bisa memanfaatkan content marketing buat ningkatin awareness.
Content marketing ini jadi salah satu metode yang ampuh buat naikin traffic dan ngumpulin customer baru. Menariknya lagi, strategi content marketing bisa kamu terapkan mulai dari 0 Rupiah saja!
Mau tahu gimana caranya bikin konten brand awareness dengan content marketing? Mari kita ulas semuanya!
Cara pertama buat bikin konten brand awareness adalah riset target pasar dan audiens dulu. Ini penting banget biar kamu nggak salah bikin konten dan malah nggak nyambung sama audiensmu sendiri.
Oleh karena itu, kamu perlu lakukan riset dulu sebelum bikin konten. Untungnya, sekarang banyak nih tools yang bakal bantu kamu buat riset pasar, mulai dari keyword research sampai survei.
Dari sini, kamu bakal tahu apa aja permasalahan yang dihadapi oleh target audiens, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana brandmu bisa mengisi celah sebagai solusi dari permasalahan tersebut.
Setelah ngumpulin insight, kamu jadi tahu nih apa aja konten yang dicari sama target pasarmu dan bagaimana brandmu akan mengisinya.
Selanjutnya, kamu perlu cari tahu nih apa sih unique selling proposition atau USP dari brandmu. Di tengah persaingan yang ketat, brandmu harus punya suatu pembeda agar menonjol, salah satunya lewat USP.
Mungkin brandmu punya produk dengan harga yang lebih terjangkau, memangkas waktu dan mengatasi masalah yang ada, layanan dan asistensi yang lengkap, atau mungkin produkmu menyasar ke niche yang lebih spesifik lagi.
Ini nanti bakal jadi nilai jual yang bakal kamu komunikasikan ke audiens agar brand awareness dari bisnismu semakin meningkat.
Setelah ngumpulin insight soal audiens dan bisnismu, saatnya kamu menyusun strategi konten buat menjangkau mereka dan ningkatin brand awareness. Ada beberapa hal nih yang perlu kamu pertimbangkan.
Pertama, kontenmu harus berfokus pada cerita. Storytelling itu punya kekuatan yang besar loh, audiens bakal lebih tertarik dan mudah teringat dengan brand storytelling yang tepat. Lewat storytelling, kamu bisa mengomunikasikan value dari brandmu dan produk yang ditawarkan.
Selanjutnya adalah memilih channel yang tepat. Bisa media sosial, blog, website, video, podcast, sampai lewat edukasi. Pastinya, kamu perlu tahu mana channel yang sering dipakai sama target pasarmu.
Jangan lupa juga untuk bikin content planning dan schedule agar persiapan kontenmu nggak berantakan.
Selanjutnya adalah bikin konten yang SEO-friendly. SEO ini ternyata ampuh banget buat datengin traffic yang besar dengan budget yang minimal.
Kamu nggak perlu hardsell kok, cukup bikin konten dengan keyword yang sering dicari oleh target pasarmu dan optimasi SEO-nya. Nantinya, kontenmu bisa ditemuin oleh audiens dan kemudian mereka mengenali brandmu.
Contohnya gini, kamu punya jasa travel guide di Bali. Bisa nih nanti di blog bikin konten dengan keyword “Rekomendasi Tempat Wisata di Bali”. Nanti, orang-orang bakal menemukan kontenmu dan bakal ngeh nih kalau ternyata kamu menyediakan jasa travel guide di Bali.
Kelihatannya sih emang menggiurkan, tapi kamu harus pastikan juga kalau brandmu punya strategi SEO yang ampun dengan keyword yang tepat.
Nggak cuma customer yang kamu manjakan, sesama business owner atau brand juga perlu kamu rangkul juga untuk ningkatin brand awareness dari bisnismu.
Ini bakal ningkatin networking antar bisnis atau bahkan rekomendasi lewat word-of-mouth. Ada kemungkinan juga mereka akan mengajak bisnismu untuk bermitra.
Ada beberapa cara nih yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan di industri. Mulai dari posting konten tentang insight industri, ngonten di komunitas yang sesuai dengan industri bisnismu, sampai undang pemilik bisnis lain bikin konten untuk websitemu.
Langkah ini bakal bikin brandmu punya otoritas dan kepercayaan kalau brandmu sudah dipercaya juga sama bisnis lain.
Selanjutnya, kamu bisa nih manfaatkan influencer buat naikin brand awareness dari produkmu. Udah bukan rahasia lagi kalau influencer marketing sering jadi andalan bagi brand buat ningkatin brand awareness.
Dengan KOL yang tepat, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas agar mereka tahu dan menengok brandmu. Tentunya, kamu perlu mencari influencer yang tepat dan sesuai niche biar nggak boncos.
Terakhir, kamu juga bisa berkontribusi bagi website atau blog lain dengan konten milikmu untuk ningkatin brand awareness.
Caranya, kamu bisa nih menerbitkan press release ke berbagai situs website yang sering mengabarkan berita di industrimu. Dari sini, kamu bakal dapat exposure yang besar karena seringkali website tersebut sering jadi rujukan buat target pasar maupun sesama pemilik bisnis.
Selain itu, kamu juga bisa mengajak website reviewer atau berita untuk bikin sponsored content. Di konten tersebut, kamu bisa kasih brief nih buat mereka untuk review produkmu atau bikin konten yang berkaitan dengan brandmu.
Selain bakal bantu ningkatin brand awareness, cara ini juga bikin audiens punya gambaran jelas tentang produkmu dan meyakinkan mereka untuk membelinya.
Menerapkan content marketing untuk ningkatin brand awareness emang cukup ribet, ada banyak hal yang perlu kamu lakukan agar bisa membuahkan hasil yang diinginkan.
Namun, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk ningkatin brand awareness lewat konten yang efektif tanpa harus mengorbankan waktumu. Layanan Brand Growth dari Akarmula bakal meringankan bebanmu biar nggak kerepotan ngonten untuk naikin brand awareness.
Ada banyak service yang bisa bantu ningkatin brand awareness, mulai dari social media handling, brand consulting, SEO dan SEM, sampai digital marketing, semuanya bakal bantu brandmu makin tumbuh.
Mau tahu gimana cara Akarmula naikin potensi brand awareness bisnismu? Konsultasikan secara gratis bareng brand strategist Akarmula di sesi 60 Minutes About Your Brand! Booking sesi gratisnya sekarang!