fbpx

Loyalty Program adalah Cara yang Tepat Buat Menarik Pelanggan Loyal, Emang Benar?

July 16, 2024

Loyalty program adalah salah satu strategi marketing yang efektif buat dijalanin sama bisnis. Faktanya, sekarang kita bisa nemuin banyak brand yang sudah menggunakan loyalty program.

Key Takeaways

  • Loyalty program adalah suatu program yang ditawarkan oleh bisnis, untuk memberikan penghargaan maupun reward kepada para pelanggan setianya.
  • Loyalty program bisa menguntungkan bagi bisnis dengan naikin reputasi, membangun customer loyalty, dan menghemat budget marketing.

Coba deh cek, kalau kalian sering ke mall, pasti ngeh mereka sering nawarin loyalty program. Sekarang, aplikasi sekelas Duolingo, bahkan abang penjual martabak manis dan tempat cuci mobil langgananmu bisa jadi juga sudah punya loyalty program saat ini.

Apa sih yang bikin banyak bisnis nerapin loyalty program? Di artikel ini, kita bakal bahas tentang loyalty program dan kenapa loyalty program itu nguntungin buat brand serta bisnismu.

Apa Sih Loyalty Program Itu

Jadi, loyalty program adalah suatu program yang ditawarkan oleh bisnis, untuk memberikan penghargaan maupun reward kepada para pelanggannya yang udah setia membeli atau menggunakan produk dari bisnis tersebut.

Biasanya, reward atau penghargaan yang diberikan brand itu mulai dari diskon, gratisan, tawaran menarik, atau layanan prioritas yang disediakan oleh brand tersebut secara eksklusif.

Faktanya menurut laporan Loyal Barometer, 77% pelanggan sudah mengikuti loyalty program dari berbagai bisnis dan mau mendapatkan reward-nya.

“Loh, bukannya kalo pake skema loyalty program kaya gini, bisnisnya jadi rugi?” Belum tentu.

Loyalty program ini umumnya diberikan kepada pelanggan, untuk mendorong mereka agar mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli produk dari bisnis tersebut. 

Contohnya, kamu beli martabak kemudian dapet kupon “Tukarkan 10 kupon untuk mendapatkan 1 martabak gratis”. Dari situ, kamu bakal terpacu untuk rutin beli di warung martabak tersebut agar dapat mengumpulkan 10 kupon dan martabak gratis.

Tapi, apakah benar loyalty program itu bisa menguntungkan bisnismu secara jangka panjang? Mari kita bahas habis ini!

Gimana Caranya Loyalty Program bisa Menguntungkan Bisnismu?

Tadi kita udah sebutkan kalau loyalty program bisa bikin pelanggan mau ngeluarin lebih banyak uang buat terus membeli produkmu. Apakah cuma itu aja benefitnya bagi bisnis? Mari kita bahas keuntungan lainnya!

Ngebangun Customer Retention Lebih Efektif

Salah satu benefit pertama yang bisa dirasakan bisnismu dengan membuat loyalty program adalah customer retention yang lebih baik dan efektif.

Mayoritas keputusan pembelian konsumen terhadap suatu brand, ternyata dipengaruhi juga oleh loyalty program yang baik. Hal ini karena loyalty program jadi wadah yang tepat buat membangun hubungan dengan para pelangganmu.

Nggak cuma itu, loyalty program juga bisa bikin pelangganmu makin rajin membeli produkmu. Ini karena mereka merasa loyalty program yang ditawarkan menguntungkan bagi mereka.

Naikin Reputasi Bisnismu

Ternyata, loyalty program juga bisa naikin reputasi bisnismu loh. Gimana caranya?

Jadi gini, biasanya pelanggan yang ikut loyalty program bakal mendapatkan benefit dari program tersebut. Saat mendapatkan benefitnya, pelanggan tersebut nggak bakal segan nih buat menceritakan tentang loyalty program yang mereka ikuti.

Ini nanti bakal jadi word-of-mouth marketing, karena orang-orang yang mendengar, sudah tahu terlebih dahulu reputasi positif dari bisnismu. Pastinya mereka bakal memiliki kesan yang baik dan positif tentang brandmu.

Nggak cuma itu, word-of-mouth marketing berkat loyalty program ini juga bisa bantu bisnismu buat narik lebih banyak pelanggan.

Budget jadi Makin Efektif

Walaupun kesannya seperti buang-buang uang, loyalty program ternyata malah bisa bikin budget bisnismu teralokasikan secara lebih efektif loh!

Dengan loyalty program, kamu bisa menjaga pelangganmu agar loyal dengan bisnismu dan nggak berpindah ke brand lain. Ini juga bakal memudahkan kamu dalam mengelola budget, dibanding terus-terusan mencari pelanggan baru yang nggak loyal dan hanya bikin budget membengkak.

Nggak cuma itu, loyalty program juga memudahkan kamu buat ngedapetin pelanggan baru. Seperti yang udah kita bahas tadi, loyalty program bakal menciptakan word-of-mouth marketing yang bisa naikin reputasi bisnismu.

Gimana Caranya Bikin Loyalty Program?

Udah tertarik buat bikin loyalty program? Sekarang kita bakal spill gimana caranya bikin loyalty program yang efektif untuk bisnismu!

Tentukan Nama dan Benefit yang Didapatkan sama Pelanggan

Pertama, kamu perlu tentuin nama dari loyalty program bisnismu. Sebisa mungkin, pilih nama yang menarik, bikin penasaran, atau bahkan bisa menciptakan nuansa yang eksklusif. 

Selain nama, kamu juga perlu tentukan apa aja benefit yang bisa pelangganmu dapatkan. Satu hal yang mungkin bisa kamu terapkan adalah untuk menggunakan sistem tier dalam loyalty program dari bisnismu.

Misalkan, kalau pelangganmu sudah belanja sebanyak 100 juta, benefit loyalty program yang ia dapatkan lebih banyak dan lebih besar dibandingkan pelanggan yang sudah mencapai minimal belanja 10 juta.

Kamu juga bisa bikin sistem loyaltynya dengan poin setelah pembelian, yang mana poinnya bisa ditukarkan dengan beberapa voucher diskon atau produk secara gratis. 

Permudah Pelanggan Buat Ikut Loyalty Program

Selain benefit, kamu juga perlu mikirin gimana caranya agar pelanggan tertarik untuk mengikuti loyalty program dari bisnismu. Pastikan kalau kamu nggak cuma ngepromosiin loyalty programnya, tetapi juga ikut mengajak dan memudahkan pelanggan agar bisa mengikuti loyalty program.

Mulai dari promosi saat pembelian, memberi tahu apa saja benefit yang mereka dapatkan, bahkan memberikan poin atau benefit yang bisa langsung didapatkan setelah menjadi member loyalty program. Nggak cuma itu, kamu juga bisa menjalankan SOP dengan membantu pelanggan mendaftarkan dirinya agar menjadi member dari loyalty program.

Di sini, kita bisa memanfaatkan semua brand touchpoint yang dimiliki agar hasilnya bisa maksimal.

Permudah Akses Customer Service

Karena loyalty program ini sama aja dengan memberikan keistimewaan bagi pelanggan loyalmu. Jadi, pastikan untuk permudah mereka untuk mendapatkan akses customer service yang terbaik.

Ini cara terbaik untuk membangun hubungan dan memahami apa saja yang dibutuhkan oleh pelangganmu. Dengan layanan pelanggan yang terbaik, pelanggan bakal makin betah dengan brandmu tentunya.

Berikan Pelayanan yang Terbaik dan Konsisten

Hal yang perlu kamu ingat saat menciptakan loyalty program adalah untuk fokus kepada pelanggan. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang konsisten.

Contohnya gini, kamu jadi member loyalty program dari suatu minimarket. Di sini kamu tahu nih kalau kamu rajin belanja, kamu bakal mendapatkan poin yang bisa kamu tukarkan dengan voucher diskon atau produk gratis. Nggak cuma itu, kamu juga sudah tahu kalau dengan menjadi member, kamu bisa mendapatkan diskon khusus untuk member.

Dengan penawaran dan pelayanan yang baik serta konsisten, pelanggan nggak bakal ragu untuk menjadi pelanggan yang loyal, bahkan mengikuti loyalty program.

Kasih Reward buat Pelanggan yang Benar-Benar Loyal

Terakhir, beri reward dan penghargaan bagi pelanggan yang benar-benar loyal sama bisnismu. Ini yang menjadi salah satu inti dari loyalty program, menghargai kesetiaan pelanggan dengan bisnismu.

Coba deh sesekali beri penghargaan terbaik bagi pelanggan yang loyal banget, misalkan pelanggan yang sudah melakukan pembelian terbanyak selama setahun, atau influence orang lain untuk menggunakan produkmu.

Dari situ, pelanggan bakal makin terpacu untuk dapat menjadi pelanggan yang paling loyal.

Itu tadi beberapa hal tentang loyalty program untuk bisnismu. Kalau kamu bingung menyusun skema loyalty program yang cocok, kamu bisa banget nih untuk konsultasi gratis di sesi 60 Minutes About Your Brand. Kapan lagi bisa konsultasi gratis sama brand strategist berpengalaman. Booking sesinya di sini!

Questions to Consider

  • Berapa sih rasio budget yang perlu kita alokasikan untuk loyalty program?
  • Apa aja sih strategi yang perlu diterapkan agar konsumen mau menggunakan loyalty program kita?
Article written by Herpinando Trisnu

More Insights

All Right Reserved © 2024 Akarmula
arrow-down
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram